Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER SAINS] Apa Itu Batu Andesit? | IDAI Ungkap Kasus Covid-19 Anak Meningkat 1000 Persen | Zaskia Sungkar Operasi Pengangkatan Saluran Tuba Falopi

Kompas.com - 11/02/2022, 07:01 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis


KOMPAS.com - Konflik warga Desa Wadas, Purworejo, memanas, terkait rencana penambangan batu andesit untuk pembangunan bendungan. Berita ini menjadi salah satu populer Sains sepanjang Kamis (10/2/2022) hingga Jumat (11/2/2022) pagi ini.

Seperti diberitakan Kompas.com, Rabu (9/2/2022), warga Wadas yang ditangkap polisi dalah mereka yang bersikeras menolak lahannya dibebaskan untuk penambangan batu andesit.

Batu andesit yang ditambang dari Desa Wadas ini, rencananya akan digunakan sebagai material untuk pembangunan Waduk Bener yang lokasinya masih berada di Kabupaten Purworejo.

Selain informasi tersebut, laporan data kasus Covid-19 pada anak di Indonesia yang disampaikan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), menjadi salah satu berita populer Sains.

IDAI mengungkapkan bahwa kasus Covid-19 pada anak-anak di Indonesia meningkat hingga 1000 persen.

Berita populer Sains lainnya, yakni pernyataan Zaskia Sungkar, dalam sebuah wawancara yang mengungkapkan bahwa dirinya menjalani operasi pengangkatan saluran tuba falopi.

Pasalnya, terjadi perlengketan tuba falopi, sehingga prosedur operasi pengangkatan organ tersebut harus dilakukan isteri Irwansyah.

Kabar lain dari artis, Atiqah Hasiholan, yang mengungkapkan bahwa dia mendapat tiga hasil tes Covid-19 dari tiga tempat berbeda, yang tidak sama dalam sehari. Hal ini diungkapkan oleh Atiqah melalui unggahan di Insta Story di akun pribadi miliknya.

Ahli biologi molekuler pun turut menanggapi kasus Atiqah Hasiholan dengan hasil tes Covid-19 yang tidak sama ini.

Berikut ini beberapa rangkuman berita populer Sains sepanjang Kamis (10/2/2022) hingga Jumat (11/2/2022) pagi ini.

Apa itu batu andesit yang jadi konflik warga Wadas?

Rencana penambangan batu andesit di Desa Wadas, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, menimbulkan konflik antara warga setempat dan aparat kepolisian.

Pengguna media sosial juga meramaikan tagar #SaveWadas #WadasMelawan #WadasTolakTambang, usai tersebarnya video terkait penambangan batu andesit di Desa Wadas tersebut.

Akibat konflik yang terjadi, sejumlah warga Wadas ditangkap polisi, yang mana mereka adalah warga yang bersikeras menolak lahannya dibebaskan untuk penambangan batu andesit.

Adapun batu andesit yang ditambang dari Desa Wadas ini rencananya akan digunakan sebagai material untuk pembangunan Waduk Bener yang lokasinya masih berada di Kabupaten Purworejo.

Apa itu batu andesit?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com