Kompas.com - 29/01/2022, 10:02 WIB


KOMPAS.com - Kucing adalah salah satu hewan yang banyak dipelihara oleh manusia, dan banyak peneliti yang tertarik untuk meneliti karakateristik hewan berkumis ini. Salah satu studi mengungkap bahwa ukuran otak kucing telah menyusut.

Penelitian terbaru menemukan bahwa ukuran otak kucing telah menyusut atau mengecil secara signifikan seiring berjalannya waktu.

Hal ini, kata peneliti mungkin disebabkan karena kucing yang beradaptasi ketika mereka mulai dipelihara oleh manusia sejak ribuan tahun yang lalu.

Menurut studi yang telah dipublikasikan di jurnal Royal Society Open Science pada 26 Januari 2021 ini, tim membandingkan ukuran tempurung kepala kucing yang merupakan indikator ukuran otak.

Baca juga: Kucing Oren Sering Dianggap Pembuat Onar, Ternyata Ini Sifat Aslinya

 

Mereka menganalisis ukuran tempurung kucing domestik (Felis catus), kucing liar dari Eropa (Felis silvestris), dan kucing liar Afrika (Felis lybica).

Para peneliti juga mengamati hibrida atau persilangan kucing liar dan domestik, kemudian menemukan ukuran otak mereka lebih kecil dibandingkan jenis kucing lainnya.

Mereka berkata, temuan tersebut mengindikasikan adanya perubahan ukuran dari otak kucing.

"Data kami menunjukkan bahwa kucing domestik memang, memiliki volume tengkorak yang lebih kecil (mengartikan otak lebih kecil) dibandingkan dengan kucing liar Eropa, kucing liar domestik, kucing liar Afrika, dan memverifikasi hasil studi sebelumnya," kata peneliti dilansir dari Science Alert, Kamis (27/1/2022).

Di sisi lain, sejak tahun 1960-an dan 1970-an ilmuwan memang telah meneliti ukuran otak kucing.

Baca juga: Kenapa Kucing Sangat Suka Catnip?

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.