Kompas.com - 28/01/2022, 16:03 WIB

KOMPAS.com - Jutaan orang kehilangan anggota tubuh mereka karena berbagai alasan, mulai dari diabetes hingga trauma.

Sayangnya, sekali mereka kehilangan anggota tubuh mereka, itu tak akan pernah kembali lagi seperti semula.

Sebab kehilangan anggota tubuh yang besar dan kompleks secara struktural seperti lengan atau kaki, tak dapat dipulihkan melalui proses regenerasi alami.

Tapi dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Science Advances, ilmuwan dari Universitas Tufts dan Institut Wyss Universitas Harvard telah membawa kita selangkah lebih dekat ke tujuan pengobatan regeneratif.

Baca juga: Penemuan Hewan Sepanjang 2021, dari Katak Pucat hingga 14 Tikus Celurut

Mengutip Medical Xpress, Kamis (27/1/2022) peneliti berhasil memicu pertumbuhan kembali kaki katak dewasa yang secara alami tak dapat meregenerasi anggota tubunya.

Peneliti menggunakan campuran lima obat yang diaplikasikan dalam sebuah bioreaktor silikon yang dapat dipakai untuk menyimpan campuran obat tersebut selama 24 jam.

Perawatan singkat itu mampu menggerakkan periode pertumbuhan kembali selama 18 bulan yang memulihkan fungsi kaki.

Memulai regenerasi

Peneliti memicu proses regeneratif pada kaki katak dengan menutup luka dengan BioDome, yang berisi gel protein sutra yang diisi dengan campuran lima obat.

Setiap obat punya tujuan yang berbeda, termasuk meredakan peradangan, menghambat produksi kolagen yang akan menyebabkan jaringan parut, dan mendorong pertumbuhan baru serabut saraf, pembuluh darah, dan otot.

Kombinasi obat dan bioreaktor pada akhirnya menyediakan lingkungan yang sesuai untuk proses regenerasi.