Tren Peningkatan Kasus Covid-19 di Indonesia, Apakah Akibat Omicron? Ini Kata Kemenkes

Kompas.com - 22/01/2022, 17:01 WIB
Waspadai, kasus Covid-19 di Indonesia mengalami tren peningkatan dan kasusnya menembus angka 1.000 kasus per hari screenshootWaspadai, kasus Covid-19 di Indonesia mengalami tren peningkatan dan kasusnya menembus angka 1.000 kasus per hari


KOMPAS.com- Sejak akhir Desember 2021 hingga pertengahan Januari 2022 ini, ada tren kenaikan kasus infeksi Covid-19 di Indonesia. Banyak yang menduga ini terjadi karena varian baru Omicron.

Namun, benarkah varian Omicron menjadi penyebab kenaikan kasus infeksi di tanah air saat ini?

Juru Bicara Vaksinasi Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Siti Nadia Tarmizi pun turut menjelaskan analisis data terkini mengenai dugaan tren peningkatan kasus infeksi akibat varian Omicron ini.

Menurut Siti, sebenarnyameningkatnya tren kasus Covid-19 Indonesia ini sudah terjadi sebelum varian Omicron teridentifikasi di tanah air pada 15 Desember 2021 lalu.

"Untuk di Jawa dan Bali rata-rata menunjukkan peningkatan kasus cukup signifikan," kata Nadia dalam diskusi daring bertajuk Super Immunity on Covid-19 : What and How?, Sabtu (22/1/2022).

Dari data yang ada bahkan, sejak awal Desember yakni pada tanggal 1 Desember 2021 lalu, kasus harian infeksi Covid-19 tercatat 278 kasus.

Jumlah kasus Covid-19 di Indonesia harian ini terus mengalami fluktuasi, tetapi masih terhitung tidak pernah lebih atau masih di bawah 300 kasus per hari sampai 31 Desember 2021.

Baca juga: Kasus Covid-19 Indonesia Rendah Tetap Harus Waspada, Ini Penjelasan Epidemiolog

 

Namun, sejak awal Januari 2022 terlihat tren peningkatan kasus infeksi Covid-19 di Indonesia cukup signifikan.

"Sebelum adanya Omicron (15 Desember 2021), kita sudah melihat tren peningkatan kasus," kata dia.

"Peningkatan kasus ini kita duga dikarenakan mobilitas masyarakat selama periode nataru, karena banyak ditemukan (tracing infeksi) dari tempat wisata dan tempat pembelanjaan yang umumnya terjadi pasca liburan akhir tahun," tambahnya.

Sejak awal Januari 2021, peningkatan kasus Covid-19 harian meningkat tajam bahkan mencapai ribuan, dan tertinggi terjadi kemarin, Jumat (21/1/2022) yakni ada sekitar 2.604 kasus positif Covid-19.

Oleh karena itu, saat ini total kasus aktif di Indonesia diketahui ada sekitar 14.119 kasus aktif. Sementara, tercatat ada 2 pasien yang meninggal dunia akibat Covid-19 kemarin.

"Tapi, ini update kasus infeksi Covid-19 (di Indonesia) secara keseluruhan maksudnya variannya ya, bukan hanya Omicron," kata dia.

Baca juga: Fakta Varian Delta, Mutasi Corona Penyebab 95 Persen Kasus Covid-19 Baru Indonesia

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.