Kompas.com - 19/01/2022, 17:05 WIB

KOMPAS.com - Laporan awal yang dilakukan peneliti di Israel menyebutkan, bahwa vaksin dosis keempat Pfizer-BioNTech dan vaksin Moderna belum mampu untuk menangkal varian Omicron.

Kendati demikian, dua vaksin tersebut diklaim bisa meningkatkan antibodi dibandingkan setelah pemberian dosis ketiga.

Direktur di unit Infection Prevention and Control di Sheba Medical Center, Dr Gili Regev-Yochay mengatakan laporan tersebut masih sangat awal.

Baca juga: Pertama Kalinya, Vaksin Pfizer Dosis Keempat Dilakukan di Israel

Menurutnya, pengungkapan hasil riset yang belum dipublikasikan secara resmi itu, dilakukan karena penduduk di Israel wajib mengetahui informasi terkait pemberian vaksin booster kedua atau dosis keempat.

"Apa yang kami amati adalah bahwa vaksin Pfizer, setelah dua pekan akan terlihat peningkatan jumlah antibodi dan antibodi penetralisir, peningkatan yang cukup bagus," kata Regev-Yochay dilansir dari CNN, Selasa (18/1/2022).

"Bahkan sedikit lebih tinggi dari yang kami dapatkan setelah dosis ketiga," sambungnya.

Pada bulan Desember 2021 lalu, Sheba Medical Center sudah mulai menguji coba pemberian dosis keempat terhadap kelompok yang sehat.

Penelitian dilakukan terhadap 154 petugas kesehatan yang diberi booster vaksin Pfizer-BioNTech. Sementara, 120 orang lainnya diberikan vaksin Moderna sebagai dosis keempat. Mereka juga melibatkan kelompok yang tidak disuntikkan vaksin dosis keempat.

Hasilnya, dikatakan Regev-Yochay para peneliti melihat peningkatan antibodi di antara orang yang mendapat suntikan vaksin dosis keempat.

"Kami tahu sekarang, bahwa tingkat antibodi yang diperlukan untuk melindungi dan tidak terinfeksi dari varian Omicron mungkin terlalu tinggi untuk vaksin, meskipun itu vaksin yang bagus," terangnya.

Baca juga: BPOM: Pfizer dan AstraZeneca Sudah Bisa untuk Booster Vaksin Covid-19 Jenis Lain

Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Video Pilihan

Sumber CNN
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.