[POPULER SAINS]: Gempa Megathrust Selat Sunda Memicu Tsunami | Gejala KIPI Vaksin Booster ] Jabodetabek Hujan Lebat

Kompas.com - 19/01/2022, 07:02 WIB


KOMPAS.com - Pakar geologi mengungkapkan bahwa gempa megathrust di Selat Sunda dapat memicu gelombang tsunami. Informasi ini menjadi salah satu berita populer Sains sepanjang Selasa (18/1/2022).

Belum lama ini, gempa Banten dengan magnitudo 6,7 mengguncang wilayah Jawa Barat hingga terasa sampai Jakarta dan Lampung.

Pakar Tektonik Aktif Geologi Gempa Bumi dari Pusat Studi Bencana Alam (PSBA) Universitas Gadjah Mada (UGM) Gayatri Indah Marliyani mengatakan, gempa Banten merupakan bagian dari zona megathrust Jawa.

Selain berita tentang gempa zona megathrust di Selat Sunda, perkembangan mengenai laporan gejala KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi) vaksin booster juga menjadi informasi populer Sains.

Berita cuaca di Indonesia, terutama di wilayah Jabodetabek, juga masih menjadi informasi populer Sains sepanjang Selasa hingga Rabu (19/1/2022) pagi.

Vaksin booster telah mulai diberikan kepada masyarakat yang telah menerima dua dosis vaksin Covid-19, guna melindungi dari keparahan penyakit Covid-19 dan ancaman varian-varian virus corona, seperti varian Omicron.

Informasi mengenai cara mendaftar vaksin booster homolog dan heterolog, menjadi sajian berita populer Sains hingga hari ini.

Berikut ini rangkuman beberapa berita populer Sains, yang menarik perhatian pembaca Kompas.com sejak Selasa (18/1/2022) hingga Rabu (19/1/2022).

Gempa megathrust Selat Sunda bisa memicu tsunami

Gempa Banten yang terjadi Jumat (14/1/2022) pekan lalu berpusat di zona megathrust Jawa.

Berdasarkan analisis gempa Banten, Gayatri mengatakan bahwa pusat gempa ini adalah zona megathrust Jawa yang ditunjukkan dari kedalamannya yang mencapai 40 km.

Dijelaskan Perekayasa di Balai Teknologi Infrastruktur Pelabuhan dan Dinamika Pantai Badan Riset dan Inovasi Nasioanl (BRIN), Widjo Kongko gempa Banten yang berpusat di Selat Sunda tidak menyebabkan tsunami.

Sebab, gempa bumi tersebut terjadi di daerah yang disebut sebagai seismic gap atau zona yang tidak menunjukkan adanya aktivitas seismik.

Akan tetapi, gempa Banten tersebut, dikatakan Widjo menandakan Indonesia termasuk wilayah yang rentan bencana gempa bumi dan tsunami.

Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.