Kompas.com - 18/01/2022, 20:15 WIB

KOMPAS.com - China mulai melakukan misi luar angkasa di tahun 2022 dengan meluncurkan roket Long March 2D yang membawa muatan rahasia bernama Shiyan 13.

Peluncuran tersebut dilakukan dari Pusat Peluncuran Satelit Taiyuan (TSLC) di Provinsi Shanxi, China utara pada Minggu (16/1/2022) pukul 10.35 waktu setempat.

China Aerospace Science and Technology Corp (CASC) mengatakan, bahwa roket Long March 2D milik China berhasil membawa satelit Shiyan 13 ke orbit.

Namun, mereka tidak mengungkapkan secara pasti misi apa yang dibawa oleh satelit Shiyan 13, dan hanya membagikan informasi, bahwa satelit ini digunakan sebagai alat uji coba untuk mengumpulkan data di luar angkasa.

Baca juga: Misi China di Bulan Mengklaim Temukan Kandungan Air di Bulan

Melansir NASA Space Flight, Senin (17/1/2022) roket Long March 2D memiliki tinggi sekitar 41 meter dengan mengangkut satelit Shiyan 13 di dalamnya.

Roket ini menuju selatan Taiyuan yang berada di atas wilayah China. Dikatakan peneliti, peluncuran tahap dua terjadi ketika roket naik melalui atmosfer dengan kecepatan 8 kilometer per detik.

Di sisi lain, CASC menyatakan peluncuran roket Long March 2D merupakan misi pertama dari lebih dari 40 misi yang direncanakan di tahun ini.

Peluncuran tersebut adalah misi luar angkasa keempat di dunia di awal tahun 2022, di mana tiga peluncuran roket sebelumnya dilakukan oleh Amerika Serikat.

Militer Amerika Serikat yang memublikasikan data orbital dari misi ini mengatakan, pihaknya telah melacak satelit Shiyan 13 di orbit antara 287 mil dan 309 mil (463 kali 498 kilometer) pada kemiringan 97,4 derajat ke khatulistiwa.

Hal ini kemudian dikonfirmasi oleh pejabat China dengan mengatakan data pelacakan militer AS memastikan misi tersebut telah menyentuh orbit.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.