Kompas.com - 18/01/2022, 19:30 WIB

KOMPAS.com - Asteroid 7482 (1994 PC1) yang besarnya dua kali lebih tinggi dari gedung pencakar langit Empire State Building akan melintas lewat dekat bumi hari ini, Selasa (18/1/2022).

Asteroid ini ditemukan oleh Robert McNaught, di Siding Spring Observatory di Australia pada 9 Agustus 1994.

Melansir Earthsky.org, ukuran asteroid yang satu ini diperkirakan sekitar 3.280 kaki atau sekitar 1 kilometer (0,6 mil). Ini artinya besar asteroid ini mencapai 2 setengah kali tinggi dari Empire State Building.

Asteroid ini diklasifikasikan sebagai asteroid dekat -bumi kelas Appolo, sehingga memiliki orbit yang bersinggungan dengan orbit Bumi.

Baca juga: Lebih Besar dari Menara Eiffel, Asteroid Raksasa Dekati Bumi Pekan Ini

Tak berpotensi menabrak Bumi

Meskipun asteroid 7482 (1994 PC1) ini lewat dekat Bumi, Astronom Amatir Indonesia Marufin Sudibyo menegaskan bahwa batu ruang angkasa yang satu ini tidak berpotensi menabrak bumi.

"Asteroid ini tidak memiliki potensi untuk bertabrakan dengan Bumi, setidaknya hingga satu abad ke depan,"  kata Marufin kepada Kompas.com, Sabtu (1/1/2022).

Namun, karena ukuran dan jarak terbang yang relatif dekat dengan Bumi ini, maka ia berpotensi menyerang Bumo kira-kira setiap 600.000 tahun lagi, tetapi tidak tahun 2022 ini.

Bagaimana cara melihatnya?

Asteroid ini bergerak dengan kecepatan 43.754mil per jam atau sekitar 19,56 kilometer per detik di dekat bumi.

Kecepatan yang cukup besar ini akan memungkinkan astronom amatir untuk melihat asteroid cepat.

Dengan pergerakannya yang cepat itu, penampakannya akan muncul sebagai titik cahaya, mirip dengan bintang, lewat di depan bintang latar di malam hari.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.