Fenomena Matahari di Atas Kabah untuk Verifikasi Arah Kiblat, Catat Waktu Terjadinya

Kompas.com - 19/01/2022, 12:05 WIB
Para jemaah mengelilingi Ka'bah di Masjidil Haram, dengan mengenakan masker dan menjaga jarak sosial, pada Sabtu (17/7/2021).  Selama dua tahun berrturut-turut, ibadah haji dibatasi dengan ketat karena virus corona. AP PHOTO/AMR NABILPara jemaah mengelilingi Ka'bah di Masjidil Haram, dengan mengenakan masker dan menjaga jarak sosial, pada Sabtu (17/7/2021). Selama dua tahun berrturut-turut, ibadah haji dibatasi dengan ketat karena virus corona.

KOMPAS.com - Ada dua kali peristiwa matahari tepat di atas Kabah yang dapat dimanfaatkan masyarakat untuk memverifikasi arah kiblat tahun ini.

Penentuan arah kiblat menggunakan metode zenit Kabah atau hari tanpa bayangan di Ka’bah atau kulminasi agung Mekkah ini dinilai lebih mudah dan akurat.

Peneliti dari Pusat Antariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Andi Pangerang menjelaskan, metode ini memberikan toleransi pengukuran sekitar setengah derajat sehingga cukup akurat.

Baca juga: 5 Fakta Matahari di Atas Kabah, Waktu Hingga Cara Sempurnakan Kiblat

Ia menambahkan, fenomena matahari tepat di atas Kabah terjadi saat tengah hari dan hanya dapat digunakan untuk wilayah Indonesia tertentu.

“Kulminasi agung hanya digunakan di Indonesia bagian barat dan tengah,” ujar Andi saat dihubungi Kompas.com, Rabu (19/1/2022).

Kapan waktu terjadi?

  • Bulan Mei

Kulminasi agung atau matahari tepat di atas Ka’bah yang pertama akan terjadi pada 28 Mei 2022 pukul 16.17 WIB atau 17.17 Wita.

  • Bulan Juli

Peristiwa matahari di atas Ka’bah yang kedua terjadi pada 15 Juli 2022 pukul 16.26 WIB atau 17.26 Wita.

Bagaimana cara memverifikasi arah kiblat?

Andi menjelaskan bahwa jika cuaca mendukung, pengukuran dapat dilakukan paling cepat 30 menit sebelum dan paling lambat 30 detik setelah kulminasi Ka’bah pada waktu yang telah ditetapan.

Sedangkan untuk pengukuran di hari yang berbeda, maka dapat dilakukan paling cepat dua hari sebelum dan paling lambat dua hari setelah tanggal kulminasi Ka’bah, dengan jam yang sama.

Bagi masyarakat yang ingin meluruskan arah kiblat dapat mencocokkan waktu menggunakan http://jam.bmkg.go.id, http://ntp.bmkg.go.id, atau http://time.is.

Baca juga: Matahari Tepat di Atas Kabah, Waktunya Cek Ulang Arah Kiblat

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.