Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Terkini M 6,1 Guncang Halmahera, Tak Berpotensi Tsunami

Kompas.com - 05/12/2021, 07:41 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

KOMPAS.com -Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa terkini yang mengguncang utara Halmahera pada Minggu (5/12/2021) pagi pukul 6.47 WIB.

Parameter awal menunjukkan gempa ini berkekuatan M 6,2 yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi M 6,1.

Lokasi pusat gempa berada di koordinat 3,99 LU dan 128,00 BT atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 147 km Tenggara Melonguane, Sulawesi Utara, dengan kedalaman 156 kilometer.

Baca juga: 5 Negara yang Paling Jarang Mengalami Gempa Bumi

Dijelaskan Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Daryono, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa menengah akibat aktifitas subduksi Lempeng Filipina.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik (Thrust Fault)," ungkap Daryono kepada Kompas.com.

Dampak Gempa

Berdasarkan peta guncangan (shakemap) gempa bumi ini dirasakan di sejumlah wilayah dengan skala yang berbeda, yakni:

Daerah Morotai dan Bitung merasakan guncangan dengan skala intensitas III MMI, yakni getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu.

Sementara di daerah Tobelo dan Halmahera Utara merasakan guncangan dengan skala intensitas II MMI, yakni getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut.

"Faktor hiposenter gempa di kedalaman 156 km yang menyebabkan gempa Morotai-Talaud M 6,1 pagi ini tidak menimbulkan dampak kerusakan," imbuh Daryono.

Baca juga: Gempa Terkini M 5,8 Guncang Laut Sulawesi, Tak Berpotensi Tsunami

Kendati berpusat di laut, berdasarkan pemodelan tsunami dengan sumber gembumi tektonik menunjukkan bahwa gempa ini tidak berpotensi tsunami.

 

"Gempa ini tidak berpotensi tsunami," tutup BMKG.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com