Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Negara yang Paling Jarang Mengalami Gempa Bumi

Kompas.com - 15/11/2021, 12:31 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.com - Indonesia menjadi salah satu negara yang sering mengalami gempa Bumi. Pernahkah terpikir olehmu dimana negara yang paling jarang mengalami gempa bumi? Berikut adalah 5 negara yang paling jarang mengalami gempa bumi.

1. Qatar

Negara yang paling jarang gempa bumi adalah Qatar. Tidak hanya gempa bumi, Qatar juga dianggap negara paling rendah risiko bencana alam, seperti siklon, kekeringan, dan banjir bandang.

Dilansir dari World Risk Index 2020, Qatar memiliki risiko bencana alam terendah dengan indeks 0,31 dengan nilai paling baik adalah 0. Selain itu, Qatar juga mendapatkan nilai yang baik pada indikator lainnya, seperti paparan, kerentanan, dan kemampuan beradaptasi dengan bencana.

Bencana paling parah yang mungkin dialami oleh negara ini adalah badai pasir. Negara ini jarang mengalami gempa bumi, terutama gempa bumi vulkanik, karena berada jauh dari gunung berapi.

2. Arab Saudi

Arab Saudi terletak dekat dengan Qatar. Itu sebabnya, secara geografis, Arab Saudi memiliki risiko gempa bumi yang sangat rendah. Bahkan, tercatat setidaknya 10 tahun terakhir tidak ada gempa bumi besar yang terjadi di Arab Saudi.

Baca juga: Negara Tanpa Sungai di Dunia dan Sumber Air yang Digunakan

3. Andorra

Andora adalah negara kecil yang terletak di antara Spanyol dan Perancis. Semua gempa bumi yang terjadi di Andorra kurang dari 2 Skala Richter, sehingga tidak terlalu signifikan.

4. Swedia

Negara yang jarang mengalami gempa berikutnya adalah Swedia. Hanya bagian barat Swedia yang sesekali mengalami gempa. Gempa yang terjadi di negara ini pun sangat kecil sehingga tidak signifikan.

5. Norwegia

Negara berikutnya adalah Norwegia. Sudah lebih dari 10 tahun Norwegia tidak mengalami gempa bumi besar yang berarti. Norwegia juga dianggap sebagai salah satu negara yang paling aman dari gempa bumi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com