Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Terkini Guncang Nias Terasa hingga Padang dan Pasaman Barat

Kompas.com - 03/11/2021, 09:16 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Gempa bumi tektonik bermagnitudo M 5,2 mengguncang wilayah Nias, Sumatera Utara terasa hingga Padang dan Pasaman Barat. Gempa terkini hari ini, terjadi pada pukul 07.50 WIB, Rabu (3/11/2021). 

Berdasarkan hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), episenter gempa bumi ini terletak pada koordinat 0,91 derajat LU; 98,51 derajat BT.

Lokasi tepatnya berada di laut pada jarak 80 kilometer arah Timur Kota Gunung Sitoli, Kabupaten Nias, Sumatera Utara pada kedalaman 60 kilometer.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno MSi mengatakan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal.

Baca juga: Setelah Kepulauan Talaud, Gempa Guncang Nias Sudah 4 Kali Susulan

 

Gempa tektonik di Nias yang guncangannya terasa hingga Padang ini terjadi akibat adanya aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia yang menunjam ke bawah lempeng Eurasia.

Bambang menambahkan, hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan sesar mendatar (strike slip fault). 

Kendati pusat lokasi gempa bumi tersebut berada di laut, tetapi hasil pemodelan BMKG tidak menunjukkan adanya potensi tsunami.

Namun, getaran akibat guncangan gempa Nias tersebut dirasakan di sejumlah wilayah dengan skala intensitas yang berbeda-beda.

Baca juga: Selasa Malam, Gempa M 5,0 Kembali Guncang Nias Barat, Tak Ada Laporan Kerusakan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com