Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
RS Pondok Indah Group

RS Pondok Indah Group adalah grup rumah sakit swasta yang mengelola tiga rumah sakit, yakni RS Pondok Indah - Pondok Indah, RS Pondok Indah - Puri Indah, dan RS Pondok Indah - Bintaro Jaya. Ketiga rumah sakit ini didukung para dokter ahli dari berbagai disiplin ilmu serta mengadopsi teknologi medis terkini untuk memberikan pelayanan kesehatan yang prima dan terdepan.

Benarkah Minum Susu Bikin Anak Tambah Tinggi?

Kompas.com - 04/12/2021, 19:30 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini
Baru Jadi Ortu

Waswas soal tumbuh kembang si kecil?

Sigap konsultasi ke dokter anak via Kompas.com

KOMPAS.com - Banyak orangtua bertanya-tanya, akan setinggi apa anaknya nanti? Tak jarang berbagai upaya dilakukan untuk membuat anaknya memiliki tinggi badan melebihi orangtuanya.

Namun, ada banyak faktor yang menentukan tinggi badan anak. Faktor yang memegang peran terbesar adalah genetik. Faktor lainnya adalah nutrisi, hormon pertumbuhan, dan kesehatan tubuh yang baik.

Dokter Spesialis Anak RS Pondok Indah dr. A. A. A. Putu Indah Pratiwi, Sp.A mengatakan, agar anak dapat mencapai tinggi optimalnya, berikan anak nutrisi yang baik, ajak berolahraga dan melakukan aktivitas fisik rutin, serta pastikan anak cukup tidur.

Baca juga: 3 Faktor Penting yang Pengaruhi Tinggi Badan

Dokter Spesialis Anak RS Pondok Indah dr. AAA. Putu Indah Pratiwi, Sp.Adok. RSPI Dokter Spesialis Anak RS Pondok Indah dr. AAA. Putu Indah Pratiwi, Sp.A

“Olahraga apa yang paling baik? Tidak ada olah raga khusus yang berpengaruh pada tinggi badan anak, tetapi olahraga akan membuat anak tumbuh sehat dan memberikan energi positif untuk anak,” kata dr. Putu kepada Kompas.com.

Ia menekankan, dari hasil penelitian menunjukkan, bahwa tidak ada susu atau suplemen khusus untuk menambah tinggi badan anak.

Susu memang salah satu sumber kalsium dan kalsium baik untuk pertumbuhan tulang, tetapi tinggi badan anak tidak dipengaruhi oleh konsumsi susu,” ujarnya.

Apabila anak memang tampak lebih pendek dari teman-temannya, ia merekomendasikan untul melakukan pemeriksaan lebih jauh dengan dokter spesialis anak, untuk mengetahui apakah tinggi badan anak masih dalam potensi tingginya.

Baca juga: Susu Sapi Vs Susu Kambing, Mana yang Lebih Baik Dikonsumsi Anak?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com