Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/11/2021, 08:32 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.com - Selama ini kita tahu ada hewan pemakan tumbuhan dan hewan pemakan daging. Ternyata ada sebagian hewan yang makanannya adalah darah. Darah adalah zat penting bagi tubuh. Walau hanya terlihat seperti cairan, darah merupakan cairan yang kaya nutrisi. Darah kaya akan protein dan lemak yang bermanfaat bagi tubuh.

Selama ini kita tahu nyamuk adalah salah satu hewan pengisap darah. Tahukah kamu hewan pengisap darah lainnya? Berikut adalah hewan pengisap darah mengerikan di Bumi.

1. Kelelawar vampir

Vampir di film-film sering digambarkan berkaitan dengan kelelawar. Ternyata ini benar adanya bahwa terdapat kelelawar vampir yang mengisap darah. Kelelawar vampir memiliki nama latin Desmodontinae sp.

Kelelawar vampir menargetkan mamalia sebagai mangsanya. Hewan ini mencari mangsanya dengan mendengarkan suara napas mangsanya. Setelah mendarat dan berada di dekat mangsanya, kelelawar vampir mampu mendeteksi pembuluh darah di bawah kulit dengan merasakan panasnya. Kelelawar ini mampu mengisap darah sebanyak berat tubuhnya sendiri.

2. Kutu

Binatang pengisap darah berikutnya adalah kutu. Walau ukurannya kecil, kutu tidak bisa dianggap remeh. Salah satu jenis kutu bahkan dianggap bertanggung jawab atas wabah bubonic atau yang disebut dengan Black Death.

Alasan yang membuat kutu menjadi hewan pengisap darah yang mematikan adalah karena dia bisa menjadi vektor penularan penyakit. Kutu sering membawa penyakit dari mangsa sebelumnya. Jika ia terinfeksi dan berpindah ke individu lain, kutu bisa menularkan penyakit tersebut.

Baca juga: Wabah Bubonic, Wabah Apakah Itu?

3. Tungau

Tungau adalah hewan pengisap darah berikutnya yang perlu diwaspadai. Ukurannya sangat kecil dan sering ditemukan di tempat tidur. Ketika tungau menggigit kulit manusia, umumnya ia tidak menyebabkan rasa sakit. Namun gigitannya sangat gatal dan bisa menyebabkan radang. Berita baiknya, tungau tidak akan menularkan penyakit apapun.

4. Burung vampire finch

Burung vampire finch adalah burung asli dari Pulau Galapagos. Burung ini tidak hanya mengisap darah, namun juga makan biji-bijian dan serangga. Burung vampire finch paling sering mengisap darah angsa batu atau booby bird.

5. Lintah

Siapa yang tidak tahu lintah? Binatang pengisap darah ini nyatanya dipercaya bisa mengobati berbagai penyakit seperti tumor, penyakit kulit, asam urat, dan batuk. Sayangnya, belum ada penelitian ilmiah yang mendukung bahwa lintah bisa mengobati penyakit tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com