[POPULER SAINS] Faktor Penyebab Penyakit Gagal Ginjal | Astronom Deteksi Planet di Luar Galaksi Bima Sakti

Kompas.com - 28/10/2021, 07:00 WIB
Tangkapan berita populer Sains sepanjang Rabu (27/10/2021) hingga Kamis (28/10/2021) pagi. Mulai dari memahami faktor penyebab penyakit gagal ginjal, mengenali tanda kerusakan ginjal, hingga pertama kalinya ditemukan planet di luar galaksi Bima Sakti. Kompas.comTangkapan berita populer Sains sepanjang Rabu (27/10/2021) hingga Kamis (28/10/2021) pagi. Mulai dari memahami faktor penyebab penyakit gagal ginjal, mengenali tanda kerusakan ginjal, hingga pertama kalinya ditemukan planet di luar galaksi Bima Sakti.

KOMPAS.com - Oddie Agam meninggal pada Rabu (27/10/2021) setelah mendapat perawatan usai didiagnosis mengalami kerusakan organ ginjal.

Kepergian Oddie Agam mengingatkan kita bahwa penyakit gagal ginjal tidak bisa disepelekan.

Berita tentang apa saja faktor penyebab penyakit gagal ginjal dan cara memeriksa tanda penyakit ginjal menjadi dua topik populer di kanal Sains Kompas.com.

Selain itu, temuan astronom tentang planet di luar galaksi Bima Sakti untuk pertama kalinya juga menjadi berita populer lainnya. Tak ketinggalan, manfaat timun untuk kesehatan.

Berikut rangkuman berita populer Sains sepanjang Rabu (27/10/2021) hingga Kamis (28/10/2021) pagi.

Faktor penyebab penyakit gagal ginjal

Dokter Spesialis Penyakit Dalam Primaya Hospital Pasar Kemis Dr. Kiki Maharani, Sp.PD mengatakan ada banyak faktor penyebab penyakit gagal ginjal. Terutama apabila pasien memiliki riwayat penyakit komorbid, sehingga memicu masalah pada organ ginjal.

"Bisa jadi penyakit komorbidnya, misalnya punya penyakit diabetes atau hipertensi yang tidak terkontrol, sehingga itu bisa menyerang organ-organ seperti ginjal hingga jantung," kata dr Kiki saat dihubungi Kompas.com, Rabu (27/10/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ginjal adalah organ yang berbentuk seperti kacang yang berada di kedua sisi tulang belakang dan berukuran kecil.

Fungsi ginjal adalah sebagai penyaring limbah dari darah, membuat urin dan membantu mengontrol tekanan darah Anda.

Penyebab penyakit gagal ginjal Saat ada penyakit komorbid yang tidak terkontrol, kata dr Kiki, atau penyebab lain yang berdampak pada gangguan ginjal, maka itu akan menyebabkan penyakit gagal ginjal.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.