Salin Artikel

[POPULER SAINS] Faktor Penyebab Penyakit Gagal Ginjal | Astronom Deteksi Planet di Luar Galaksi Bima Sakti

KOMPAS.com - Oddie Agam meninggal pada Rabu (27/10/2021) setelah mendapat perawatan usai didiagnosis mengalami kerusakan organ ginjal.

Kepergian Oddie Agam mengingatkan kita bahwa penyakit gagal ginjal tidak bisa disepelekan.

Berita tentang apa saja faktor penyebab penyakit gagal ginjal dan cara memeriksa tanda penyakit ginjal menjadi dua topik populer di kanal Sains Kompas.com.

Selain itu, temuan astronom tentang planet di luar galaksi Bima Sakti untuk pertama kalinya juga menjadi berita populer lainnya. Tak ketinggalan, manfaat timun untuk kesehatan.

Berikut rangkuman berita populer Sains sepanjang Rabu (27/10/2021) hingga Kamis (28/10/2021) pagi.

Faktor penyebab penyakit gagal ginjal

Dokter Spesialis Penyakit Dalam Primaya Hospital Pasar Kemis Dr. Kiki Maharani, Sp.PD mengatakan ada banyak faktor penyebab penyakit gagal ginjal. Terutama apabila pasien memiliki riwayat penyakit komorbid, sehingga memicu masalah pada organ ginjal.

"Bisa jadi penyakit komorbidnya, misalnya punya penyakit diabetes atau hipertensi yang tidak terkontrol, sehingga itu bisa menyerang organ-organ seperti ginjal hingga jantung," kata dr Kiki saat dihubungi Kompas.com, Rabu (27/10/2021).

Ginjal adalah organ yang berbentuk seperti kacang yang berada di kedua sisi tulang belakang dan berukuran kecil.

Fungsi ginjal adalah sebagai penyaring limbah dari darah, membuat urin dan membantu mengontrol tekanan darah Anda.

Penyebab penyakit gagal ginjal Saat ada penyakit komorbid yang tidak terkontrol, kata dr Kiki, atau penyebab lain yang berdampak pada gangguan ginjal, maka itu akan menyebabkan penyakit gagal ginjal.

Selengkapnya baca di sini:

Oddie Agam Alami Kerusakan Ginjal, Apa Saja Faktor Penyebab Penyakit Gagal Ginjal?

Cara periksa tanda penyakit ginjal

Dilansir dari WebMD, tanda-tanda penyakit ginjal sering kali terlewatkan. Banyak yang terlihat seperti gejala masalah kesehatan umum.

Bahkan, tanda penyakit ginjal yang parah mungkin tidak muncul sampai ginjal mungkin mengalami kerusakan atau gagal fungsi, atau yang disebut juga dengan gagal ginjal.

Oleh sebab itu, hanya sekitar 10 persen orang dengan penyakit ginjal kronis yang mengetahui atau menyadari bahwa mereka memiliki gejala penyakit ginjal.

Oddie Agam meninggal dunia setelah dirawat selama beberapa pekan karena masalah kerusakan ginjal.

Sebelumnya diketahui tidak memiliki sakit ginjal, sampai akhirnya dokter menemukan masalah ginjal saat penyanyi tersebut melalui serangkaian pemeriksaan medis.

Sangat penting untuk mengetahui peringatan atau tanda ginjal mengalami masalah, yang dapat membantu Anda mendapatkan diagnosis dengan tepat dan pengobatan yang lebih cepat, mencegahnya menjadi penyakit yang serius di kemudian hari.

Selengkapnya baca di sini:

Oddie Agam Meninggal Dunia Alami Kerusakan Ginjal, Ini Cara Memeriksa Tanda Penyakit Ginjal

Pertama kalinya astronom deteksi planet di luar galaksi Bima Sakti

Untuk pertama kalinya, astronom berhasil mengungkap keberadaan planet di luar Galaksi Bima Sakti. Temuan tersebut teridentifikasi berkat Observatorium Sinr-X Chandra NASA.

Temuan ini pun memberi wawasan dalam pencarian eksoplanet (planet di luar Tata Surya) pada jarak yang lebih jauh dari sebelumnya.

Mengutip Phys, Selasa (26/10/2021) planet di luar Galaksi Bima Sakti ini menurut peneliti terletak di galaksi spiral Messier 51 (M51) atau juga disebut Galaksi Pusaran Air karena profilnya yang khas.

Sebagai informasi, hingga sekarang hampir semua eksoplanet dan kandidat yang ditemukan oleh para peneliti diketahui berada di galaksi Bima Sakti. Itu artinya hampir semuanya berjarak kurang dari sekitar 3.000 tahun cahaya dari Bumi.

Pertama Kalinya, Astronom Deteksi Planet di Luar Galaksi Bima Sakti

Khasiat timun untuk kesehatan

Timun merupakan salah satu makanan tinggi nutrisi yang rendah kalori dan mengandung banyak air serta serat larut.

Timun memiliki beberapa senyawa tanaman dan antioksidan tertentu yang dapat membantu mengobati atau mencegah beberapa masalah kesehatan.

Adapun nutrisi lain yang juga terkandung dalam timun adalah karbohidrat, protein, serat, vitamin C, vitamin K, magnesium, kalium, dan mangan.

Berikut adalah 5 khasiat timun untuk kesehatan:

• Kaya antioksidan
  • Dapat meningkatkan hidrasi