Kompas.com - 23/10/2021, 11:02 WIB
Ilustrasi Tornado, fenomena angin tornado. ShutterstockIlustrasi Tornado, fenomena angin tornado.


KOMPAS.com - Ketimbang tempat lain, tornado lebih sering terjadi di Amerika Serikat, hingga mencapai 1.250 kejadian per tahun. Namun, mengapa tornado banyak terjadi di Amerika Serikat?

Salah satu rahasia alam semesta yang menarik dari fenomena angin tornado adalah kejadian ini paling sering terjadi di Amerika Serikat.

Apa yang dimaksud dengan tornado?

Dilansir dari National Geographic, Jumat (22/10/2021), angin tornado adalah corong vertikal dari angin yang berputar sangat cepat.

Kecepatan angin penyebab tornado bisa menjangkau 250 mil per jam dan mampu membersihkan jalur sepanjang 80,46 km dengan lebar 1,6 km.

Pada umumnya, angin tornado datang bersamaan dengan badai petir dan hujan es. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Kenali 7 Tanda Datangnya Angin Puting Beliung

 

Adapun kerugian yang ditimbulkan akibat angin tornado Amerika Serikat adalah menyebabkan 80 kematian dan lebih dari 1.500 cedera per tahun.

Terdapat wilayah disebut dengan 'Tornado Alley', mencakup tempat di negara bagian South Dakota, Nebraska, Kansas, Oklahoma, Texas utara, dan Colorado timur, yang sering menjadi tuan rumah fenomena alam ini.

Tornado sering melanda Amerika Serikat

Sementara itu, menjelaskan mengapa tornado sering terjadi di Amerika Serikat, Harold Brooks, ilmuwan di National Severe Storms Laboratory mengatakan bahwa penyebabnya adalah karena adanya Pegunungan Rocky dan Teluk Meksiko, dilansir dari The Atlantic.

"Amerika Serikat mendapat begitu banyak angin tornado, sebagian besar karena adanya Pegunungan Rocky dan Teluk Meksiko," ujar Brooks.

Baca juga: Dari Mana Asal Angin dan Bagaimana Angin Bertiup?

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.