Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/10/2021, 18:32 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com – Kertas adalah benda yang digunakan untuk komunikasi tertulis dan menyebarkan informasi.

Selain itu, kertas juga memiliki banyak kegunaan lain, seperti mengemas barang, membungkus barang, fotografi, dan lain-lain.

Saat ini, ada banyak jenis kertas dengan ukuran, bentuk, dan ketebalan yang berbeda-beda, yang dibuat berdasarkan fungsinya masing-masing.

Sejarah penemuan kertas

Kertas memiliki sejarah penemuan yang cukup panjang. Penemuan kertas untuk pertama kali yang mengawali produksi kertas sampai saat ini dilakukan oleh bangsa Cina.

Dilansir dari Britannica, pembuatan kertas pertama kali dilakukan pada 105 M ketika Ts’ai Lun, pejabat di Istana Kekaisaran Cina, membuat selembar kerta menggunakan murbei dan serat kulit pohon lain bersama dengan jala ikan, kain tua, dan limbah rami.

Baca juga: Virus, Sejarah Penemuan, dan Ciri-Cirinya

Dalam perjalanannya yang lambat ke barat, seni pembuatan kertas mencapai Samarkand, Asia Tengah, pada tahun 751.

Kemudian, kertas pertama kali dibuat di Baghdad pada tahun 793 di masa Harun ar-Rasyd, yakni masa keemasan Islam, yang membuat pembuatan kertas sampai ke perbatasan Eropa.

Pada abad ke-14, sejumlah pabrik kertas didirikan di Eropa, termasuk di Spanyol, Itali, Jerman, dan Prancis.

Penemuan percetakan pada tahun 1450-an membawa perubahan pada pembuatan kertas dengan meningkatkan permintaan kertas secara signifikan.

Penggunaan mesin dalam pembuatan kertas

Sebelum penemuan mesin kertas, kertas dibuat satu lebar pada satu waktu dengan mencelupkan bingkai atau cetakan dengan bagian bawah yang disaring ke dalam tong.

Baca juga: Sejarah Roti Ini Ternyata Sudah Ada Sejak 6.000 Tahun yang Lalu

Mengangkat cetakan tersebut akan memungkinkan air mengalir hingga meninggalkan lembaran di layar.

Lembaran tersebut kemudian ditekan dan dikeringkan. Ukuran selembar kertas terbatas pada ukuran bingkai dan cetakan yang digunakan.

Kemudian, pada tahun 1798, Nicolas-Louis Robert di Prancis membuat sabuk kasa bergerak yang dapat menerima aliran stok terus-menerus dan mengirimkan selembar kertas basah yang tidak terputus ke sepasang gulungan pemeras.

Meski mesin kertas telah ditemukan, pembuatan kertas tidak menjadi praktis hingga dua insinyur di Inggris, Henry dan Sealy Fourdrinier, membuat versi yang lebih baik pada tahun 1807.

Setelah itu, mesin pembuat kertas semakin dikembangkan. Misalnya, pada tahun 1875, kertas yang dilapisi oleh mesin dibuat untuk digunakan dalam pencetakan dengan proses photoengraving baru.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com