Virus, Sejarah Penemuan, dan Ciri-Cirinya

24/09/2021, 07:01 WIB

KOMPAS.comVirus berasal dari kata virion yang berarti racun. Kita telah mengetahui berbagai penyakit yang disebabkan oleh virus, contohnya Covid-19, influenza, dan HIV. Tahukah kamu apa itu virus dan bagaimana sejarah penemuannya?

Sejarah penemuan virus

Penemuan virus pertama kali dimulai tahun 1883 oleh Adolf Meyer. Saat itu terdapat penyakit yang menyebabkan bintik-bintik kuning pada daun tembakau. Penyakit ini kemudian dikenal dengan penyakit mosaik tembakau.

Namun, Meyer belum bisa mengidentifikasi patogen penyebab penyakit tersebut. Pada tahun 1892, Dmitri Ivanosky menemukan bahwa penyebab penyakit tersebut adalah patogen yang sangat kecil dan penghasil toksin atau racun.

Pada tahun 1897, seorang ilmuwan Belanda bernama Martinus Beijerinck meneliti perkembangbiakan patogen ini. Namun, yang dia temukan adalah patogen ini tidak dapat dikembangbiakan di cawan petri seperti bakteri.

Patogen tersebut tetap menyebabkan penyakit walau berkali-kali dipindahkan. Selain itu, patogennya tidak mati walau telah disiram alkohol. Beijerinck menyimpulkan bahwa patogen tersebut adalah partikel yang lebih kecil dan lebih sederhana dari bakteri.

Pada tahun 1935, ilmuwan asal Amerika bernama Wendell Meredith Stanley berhasil mengkristalkan patogen pada tumbuhan tembakau tersebut. Patogen itu diberi nama Tobacco Mosaic Virus (TMV).

Baca juga: Epidemi Virus Corona Pertama Kali Menyerang 21.000 Tahun Lalu

Ciri-ciri virus

  • Ukurannya sangat kecil, yaitu hanya berkisar 0.02 mikron sampai 200 mikron
  • Tubuhnya terdiri atas selubung proton (kapsid) dan bahan inti berupa RNA dan DNA
  • Tidak memiliki membran dan organel sel yang penting untuk kehidupan
  • Hanya bisa bereproduksi jika berada di dalam sel hidup
  • Dapat dihilangkan dengan sinar X
  • Terdapat beberapa bentuk yang berbeda, seperti batang, bulat, filamen, polihedral, dan seperti huruf T.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.