Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/10/2021, 18:02 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com – Fenomena La Nina dikaitkan dengan dampak yang bersifat global, yakni peningkatan curah hujan di wilayah Pasifik Barat, termasuk Indonesia.

Meski berdampak pada peningkatan curah hujan di sejumlah negara, La Nina juga menyebabkan penurunan curah hujan di sebagian pantai timur Asia, bagian tengah Afrika, dan sebagian Amerika bagian tengah.

La Nina juga dapat memicu terjadinya bencana hidrometeorologi yang merupakan bencana menahun yang kerap terjadi pada musim hujan, transisi, atau musim kemarau.

Mitigasi bencana akibat La Nina

Pada musim hujan, bencana hidrometeorologi yang dapat dipicu oleh La Nina adalah banjir, tanah longsor, dan banjir bandang.

Sementara itu, di masa transisi, bencana hidrometeorologi yang biasanya terjadi adalah angin kencang hingga hujan es.

Baca juga: BMKG Tegaskan Fenomena La Nina Bukan Badai Tropis, Lalu Apa Itu?

Sedangkan di musim kemarau, potensi bencana hidrometeorologi yang dihadapi adalah kebakaran hutan dan lahan (karhutla) serta gelombang tinggi.

Dilansir dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), dalam menghadapi berbagai potensi bencana akibat La Nina, perlu sinergi mulai dari hulu dengan informasi kesiapsiagaan hingga ikut serta dalam operasi TMC untuk penanganan karhutla.

Berikut adalah beberapa langkah yang dilakukan sebagai mitigasi bencana akibat La Nina:

1. Pembuatan informasi cuaca oleh BMKG

BMKG menggunakan berbagai sumber data untuk membuat informasi cuaca, mulai dari data pengamatan dengan menggunakan satelit, 42 radar cuaca, ribuan peralatan observasi secara digital yang terhubung dengan Internet of Things (IoT), dan memperhatikan fenomena atmosfer global dan lokal.

Seluruh data tersebut diolah dengan pemodelan nurmeris secara “ensambel” untuk memberikan hasil prakiraan dengan resolusi 3 km2 hingga skala tapak untuk seluruh kecamatan di Indonesia.

Baca juga: Apa Dampak La Nina di Indonesia?

Prakiraan cuaca tersebut dibuat untuk periode 1 hingga 6 hari ke depan dengan interval waktu setiap 3 jam hingga 6 jam untuk cuaca publik.

Data dan informasi dari BMKG ini menjadi acuan berbagai pihak, seperti Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), dalam upayanya mencegah dan menangani bencana.

2. Program pencegahan oleh BNPB

Dalam mencegah bencana akibat La Nina, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melakukan penguatan kelembagaan di daerah, informasi risiko sampai ke level bawah, sistem peringatan dini, dan sinergitas antarpihak terkait.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com