Kompas.com - 15/10/2021, 18:46 WIB
Sambiloto Commons WikimediaSambiloto

KOMPAS.comSambiloto adalah salah satu herbal yang banyak digunakan sebagai obat tradisional. Nama latin dari sambiloto adalah Andrographis paniculata. Sambiloto terkenal akan khasiatnya dan rasanya yang sangat pahit.

Kandungan sambiloto

Dari nama latinnya, kita tahu bahwa sambiloto kaya akan senyawa yang bernama andrografolid. Andrografolid adalah senyawa yang berfungsi sebagai imunomodulator, khususnya imunostimulan. Maksudnya, kandungan dalam sambiloto mampu meningkatkan sistem imun seseorang.

Selain itu, tanaman pahit ini mengandung berbagai antioksidan, seperti saponin, terpenoid, tanin, dan flavonoid. Oleh karena itu, sambiloto juga memiliki efek antiradang, antibakteri, dan antivirus.

Khasiat sambiloto

Dilansir dari Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga, berikut adalah khasiat sambiloto untuk kesehatan.

1. Meringankan gejala flu

Beberapa penelitian menunjukkan sambiloto mampu meredakan gejala flu, seperti bersin-bersin, radang tenggorokan, dan demam. Selain itu, tanaman herbal ini juga membantu mempercepat pemulihan flu.

Hal ini merupakan dari berbagai kandungan dalam sambiloto yang bisa meningkatkan imun serta memiliki efek antiradang dan antivirus.

Baca juga: Khasiat Daun Binahong, Antibiotik Alami yang Ampuh

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2. Meningkatkan sistem imun

Tubuh membutuhkan imun yang kuat agar bisa melawan berbagai penyakit yang mungkin menghampiri, terutama di masa pandemi seperti sekarang. Oleh karena itu, penting untuk meningkatkan sistem imun tubuh.

Sambiloto bekerja sebagai imunostimulan dengan merangsang kinerja sel-sel darah putih. Selain itu, sambiloto juga mampu membuat imun tubuh lebih responsif terhadap sel-sel kanker di dalam tubuh.

3. Meredakan peradangan

Sambiloto mengandung beberapa zat yang bisa meredakan peradangan. Contoh peradangan yang bisa diatasi oleh sambiloto adalah peradangan akibat rheumatoid arthritis.

4. Menurunkan tekanan darah

Sambiloto memiliki efek melebarkan pembuluh darah sehingga bisa menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Namun, hati-hati dalam mengonsumsi sambiloto ketika Anda meminum obat hipertensi. Ini bisa menyebabkan tekanan darah justru turun terlalu banyak.

Baca juga: Khasiat Biji Mahoni, Obat Tradisional yang Kaya Antioksidan

5. Mengontrol gula darah

Penelitian membuktikan bahwa sambiloto bisa menurunkan dan menjaga gula darah. Hal ini tentu bermanfaat terutama untuk orang dengan diabetes tipe 2. Sambiloto disebut bisa mengoptimalkan kerja obat diabetes, yaitu metformin.
Itu dia khasiat sambiloto untuk kesehatan. Anda mau langsung meminumnya setelah ini?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.