Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Khasiat Sambiloto, Daun Pahit yang Bisa Meningkatkan Imun Tubuh

Kompas.com - 15/10/2021, 18:46 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.comSambiloto adalah salah satu herbal yang banyak digunakan sebagai obat tradisional. Nama latin dari sambiloto adalah Andrographis paniculata. Sambiloto terkenal akan khasiatnya dan rasanya yang sangat pahit.

Kandungan sambiloto

Dari nama latinnya, kita tahu bahwa sambiloto kaya akan senyawa yang bernama andrografolid. Andrografolid adalah senyawa yang berfungsi sebagai imunomodulator, khususnya imunostimulan. Maksudnya, kandungan dalam sambiloto mampu meningkatkan sistem imun seseorang.

Selain itu, tanaman pahit ini mengandung berbagai antioksidan, seperti saponin, terpenoid, tanin, dan flavonoid. Oleh karena itu, sambiloto juga memiliki efek antiradang, antibakteri, dan antivirus.

Khasiat sambiloto

Dilansir dari Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga, berikut adalah khasiat sambiloto untuk kesehatan.

1. Meringankan gejala flu

Beberapa penelitian menunjukkan sambiloto mampu meredakan gejala flu, seperti bersin-bersin, radang tenggorokan, dan demam. Selain itu, tanaman herbal ini juga membantu mempercepat pemulihan flu.

Hal ini merupakan dari berbagai kandungan dalam sambiloto yang bisa meningkatkan imun serta memiliki efek antiradang dan antivirus.

Baca juga: Khasiat Daun Binahong, Antibiotik Alami yang Ampuh

2. Meningkatkan sistem imun

Tubuh membutuhkan imun yang kuat agar bisa melawan berbagai penyakit yang mungkin menghampiri, terutama di masa pandemi seperti sekarang. Oleh karena itu, penting untuk meningkatkan sistem imun tubuh.

Sambiloto bekerja sebagai imunostimulan dengan merangsang kinerja sel-sel darah putih. Selain itu, sambiloto juga mampu membuat imun tubuh lebih responsif terhadap sel-sel kanker di dalam tubuh.

3. Meredakan peradangan

Sambiloto mengandung beberapa zat yang bisa meredakan peradangan. Contoh peradangan yang bisa diatasi oleh sambiloto adalah peradangan akibat rheumatoid arthritis.

4. Menurunkan tekanan darah

Sambiloto memiliki efek melebarkan pembuluh darah sehingga bisa menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Namun, hati-hati dalam mengonsumsi sambiloto ketika Anda meminum obat hipertensi. Ini bisa menyebabkan tekanan darah justru turun terlalu banyak.

Baca juga: Khasiat Biji Mahoni, Obat Tradisional yang Kaya Antioksidan

5. Mengontrol gula darah

Penelitian membuktikan bahwa sambiloto bisa menurunkan dan menjaga gula darah. Hal ini tentu bermanfaat terutama untuk orang dengan diabetes tipe 2. Sambiloto disebut bisa mengoptimalkan kerja obat diabetes, yaitu metformin.
Itu dia khasiat sambiloto untuk kesehatan. Anda mau langsung meminumnya setelah ini?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com