Kompas.com - 12/10/2021, 19:45 WIB
Buah dan biji mahoni ShutterstockBuah dan biji mahoni

KOMPAS.com - Biji mahoni berasal dari pohon mahoni yang memiliki nama latin Swietenia mahogani. Pohon mahoni tumbuh subur di daerah tropis seperti India, Malaysia, Indonesia, dan Cina Selatan.

Biji mahoni terdapat dalam buah mahoni yang sudah matang dan mengering. Dalam satu buah mahoni dapat ditemukan 35 sampai 45 biji mahoni.

Kandungan biji mahoni

Biji mahoni terbukti mengandung zat-zat yang diperlukan oleh tubuh, seperti flavanoid, alkaloid, saponin, steroid, dan terpenoid. Kandungan tertingginya adalah flavanoid.

Flavanoid memiliki kandungan antioksidan yang tinggi yang berfungsi menangkal radikal bebas. Antioksidan sangat bermanfaat bagi tubuh untuk mencegah berbagai penyakit seperti hipertensi, diabetes, dan Alzheimer.

Biji mahoni memiliki rasa yang pahit namun bijinya bisa diolah untuk mendapatkan minyaknya. Minyak biji mahoni mengandung lemak tidak jenuh yang baik untuk tubuh. Salah satu manfaat lemak tak jenuh adalah untuk menurunkan kolesterol.

Baca juga: Khasiat Daun Binahong, Antibiotik Alami yang Ampuh

Khasiat biji mahoni

Dilansir dari NCBI, berikut adalah khasiat biji mahoni.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  • Obat diabetes
  • Menurunkan tekanan darah
  • Mengatasi konstipasi
  • Mengurangi nyeri haid
  • Menambah kesuburan
  • Menurunkan demam
  • Mengobati sakit kulit
  • Menyembuhkan luka
  • Meningkatkan nafsu makan
  • Menambah darah

Cara mengonsumsi biji mahoni

Cara paling mudah untuk mengonsumsi biji mahoni adalah dengan menghancurkannya kemudian direbus. Anda bisa meminum air rebusan biji mahoni secara rutin untuk mendapatkan khasiatnya.

Sedangkan untuk mengatasi penyakit kulit, caranya adalah dengan menghaluskannya kemudian dioleskan langsung ke kulit yang ingin diobati.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.