Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/10/2021, 16:00 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.com - Sayur oyong memiliki nama latin Luffa acutangula. Oyong banyak tumbuh di wilayah Asia dan Amerika Serikat di negara-negara tropis.

Oyong yang masih mudah sering kita olah menjadi sayur. Sedangkan yang sudah tua bisa dikeringkan menjadi spons alami yang bisa digunakan untuk keperluan sehari-hari. Spons oyong disebut juga dengan loofah bisa digunakan saat mandi ataupun untuk cuci piring.

Kandungan nutrisi sayur oyong

Sayur oyong kaya akan antioksidan, mineral, vitamin, dan asam lemak baik. Oyong juga merupakan sumber vitamin A, B5, B6, C, mangan, potasium dan magnesium.

Semua nutrisi tersebut adalah vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh dan bermanfaat untuk berbagai fungsi kesehatan.

Baca juga: Khasiat Daun Binahong, Antibiotik Alami yang Ampuh

Khasiat sayur oyong

Berikut adalah khasiat sayur oyong untuk kesehatan:

  • Mengatasi alergi musiman atau rhinitis alergi. Sebuah penelitian baru-baru ini menyebutkan bahwa penggunaan nasal spray yang mengandung oyong 4 kali sehari selama 42 hari mampu mengontrol munculnya alergi. khasiatnya disebut hampir setara dengan nasal spray yang mengandung sodium kromolin.
  • Meredakan nyeri akibat arthritis dan nyeri otot. Tembaga dan potasium yang terkandung di dalam oyong berfungsi untuk membuat otot lebih rileks dan memiliki efek antiinflamasi. Oleh karena itulah oyong bisa meredakan nyeri otot dan arthritis.
  • Menjaga gula darah tetap stabil. Salah satu kandungan oyong adalah mangan. Mangan penting bagi tubuh untuk memproduksi enzim glukogenesis dan memicu sekresi insulin. Keduanya berperan dalam metabolisme glukosa dan bisa menjaga gula darah tetap stabil.
  • Meredakan sinusitis
  • Mencegah dan meredakan pilek
  • Meningkatkan produksi ASI pada ibu menyusui
  • Membuat siklus menstruasi lebih teratur
  • Mencegah penyakit degeneratif pada mata
  • Menurunkan kolesterol jahat
  • Mengatasi anemia
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com