Kompas.com - 15/10/2021, 17:30 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

Sumber Guardian

KOMPAS.com - Lima miliar tahun lagi, Matahari diprediksi akan mengembang dan ketika kehabisan bahan bakar, mati menjadi bintang kerdil putih.

Ketika itu terjadi, bagaimana nasib Bumi dan manusia yang hidup di planet ini?

Sebuah studi baru yang dilakukan oleh sekelompok tim astronom internasional mengungkap apa yang mungkin terjadi pada kita.

Prediksi ini dibuat berdasarkan observasi terhadap sebuah planet seukuran Jupiter yang ditemukan mengorbit sebuah bintang kerdil putih di galaksi Bima Sakti.

Dilansir dari The Guardian, Rabu (13/10/2021); planet tersebut, yang merupakan raksasa gas berukuran 1,4 kali Jupiter, berhasil selamat dari kematian bintang induknya, si bintang kerdil putih.

Baca juga: Jika Bukan Kuning, Apa Warna Asli Matahari?

Jarak raksasa gas ini dari bintang kerdil putihnya diprediksi 2,5 hingga enam kali jarak Bumi ke Matahari. Kira-kira sama dengan jarak Jupiter ke Matahari.

Menurut tim peneliti, temuan ini membuktikan prediksi sebelumnya bahwa lebih dari setengah bintang kerdil putih memiliki planet raksasa berukuran serupa yang mengorbitnya.

Namun, ini adalah kali pertama prediksi tersebut bisa diobservasi oleh para ahli.

Pasalnya, menemukan bintang kerdil putih bukan perkara gampang. Kerdil putih hanya memancarkan sedikit cahaya yang membuatnya sulit diamati menggunakan teleskop Bumi.

Dalam menemukan raksasa gas dan kerdil putih kali ini, tim peneliti menggunakan teknik yang disebut gravitational microlensing, di mana cahaya dari sebuah planet yang jauh-dalam kasus ini raksasa gas yang ditemukan-membelok ketika bertemu dengan gravitasi bintang terdekatnya (bintang kerdil putih).