Kompas.com - 27/09/2021, 20:30 WIB
Ilustrasi sakit punggung, salah satu gejala TB tulang ShutterstockIlustrasi sakit punggung, salah satu gejala TB tulang

KOMPAS.com - Tuberkulosis atau TB adalah salah satu penyakit infeksius paling mematikan. Tuberkulosis disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Tb menjadi 1 dari 10 penyakit penyebab kematian terbanyak di dunia.

Tuberkulosis umumnya menyerang paru-paru. Namun, tuberkulosis juga bisa menyebar ke organ lain di dalam tubuh. Kondisi ini disebut dengan extrapulmonary tuberculosis.

Salah satu bentuk extrapulmonary tuberculosis adalah TB tulang. TB tulang adalah infeksi tuberkulosis yang menyerang tulang dan sendi, terutama tulang belakang dan tulang panjang. Kasus tuberkulosis sangat jarang dan sulit untuk didiagnosis.

Gejala TB tulang

Biasanya TB tulang tidak terdeteksi hingga muncul gejala yang lebih parah. Tuberkulosis tulang jarang menimbulkan gejala pada fase awal.

Biasanya infeksi didahului infeksi tuberkulosis dalam kondisi dorman di paru-paru. Pasien tidak menyadarinya hingga tuberkulosis menyebar ke tulang.

Dilansir dari Healthline, berikut gejala TB tulang:

  • Sakit punggung yang parah
  • Bengkak
  • Tulang terasa kaku
  • Abses disekitar tulang atau sendi
  • Pada fase lanjut, gejalanya antara lain gangguan saraf dan perubahan bentuk tulang.

Selain gejala di atas, pasien juga mungkin merasakan beberapa gejala umum yang dirasakan pasien TB paru seperti mudah lelah, demam, berkeringat di malam hari, dan kehilangan berat badan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Penyakit TBC: Penyebab, Gejala, dan Jenisnya

Perawatan TB tulang

Walaupun TB paru menyebabkan efek yang sangat menyakitkan, namun penyakit ini bisa disembuhkan, terutama jika telah terdiagnosis pada fase awal.

Pengobatan utamanya adalah dengan menggunakan antibiotik. Pada beberapa kasus, perawatan mungkin harus didukung dengan operasi tulang belakang. Durasi pengobatan bervariasi sekitar 6 sampai 18 bulan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Healthline
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.