Kompas.com - 26/09/2021, 18:00 WIB

KOMPAS.com - Diabetes adalah penyakit kronis dimana tubuh tidak memproduksi insulin yang cukup atau menjadi tidak sensitif terhadap insulin yang diproduksi tubuh. Kondisi tersebut akan membuat kadar gula dalam darah terlalu tinggi.

Kadar gula darah terlalu tinggi bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan. Contohnya adalah pandangan kabur, jika luka sulit sembuh dan rentan infeksi, meningkatkan produksi urine dan menyebabkan seseorang merasa sering haus.

Obat herbal diabetes yang ampuh

Dilansir dari The Canadian Encyclopedia of Natural Medicine, berikut adalah obat herbal diabetes yang ampuh untuk menurunkan kadar gula dalam darah.

1. Kayu manis

Kayu manis mengandung komponen yang mampu bekerja sama dengan insulin untuk menurunkan gula darah. Sebuah studi menemukan bahwa mengonsumsi setengah sendok teh bubuk kayu manis bisa menurunkan gula darah.

Cara mengonsumsi kayu manis sangat mudah. Anda bisa menambahkan bubuk kayu manis ke dalam makanan sarapan Anda atau ke dalam jus atau susu.

2. Bawang bombai dan bawang putih

Bawang bombai dan bawang putih mengandung kromium. Kromium adalah salah satu komponen yang penting dalam proses regulasi gula darah.

Dengan rutin mengonsumsi keduanya, ini bisa menjadi obat herbal diabetes paling ampuh. Oleh karena itu, bawang bombai dan bawang putih bisa menjaga kadar gula darah Anda agak tetap stabil.

Baca juga: 6 Olahraga Terbaik untuk Penderita Diabetes, Bantu Turunkan Gula Darah


3. Gandum

 

Untuk sumber karbohidrat, pilihlah karbohidrat yang kaya serat dan indeks glikemik rendah, seperti gandum. Selain itu, Anda juga bisa memilih beras merah sebagai sumber karbohidrat.

4. Buah-buahan

Kebanyakan buah-buahan memiliki indeks glikemik yang lebih rendah, yaitu di bawah 55. Walaupun mengandung gula, buah mengandung banyak air dan serat untuk mengimbangi gula tersebut.

Jus buah sebenarnya kurang direkomendasikan karena dalam bentuk jus, kandungan serat dalam buah akan berkurang. Ini akan meningkatkan indeks glikemik.

Buah-buahan yang paling direkomendasikan untuk pasien diabetes antara lain bluberi, anggur, dan apel.

5. Kacang-kacangan

Kacang kaya akan serat dan memiliki indeks glikemik yang rendah. Selain itu, kacang juga mengandung protein dan asam lemak tidak jenuh. Sebuah penelitian menunjukkan mengonsumsi kacang secara rutin bisa bermanfaat untuk pasien diabetes.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.