Kompas.com - 26/09/2021, 14:00 WIB
Manfaat anggur freepikManfaat anggur

KOMPAS.com - Anggur adalah salah satu buah yang dikenal mengandung kaya antioksidan. Anggur adalah salah satu buah yang mudah tumbuh dimana saja tidak terlalu bergantung pada iklim.

Anggur ada banyak macamnya, berdasarkan warnanya dan mengandung biji atau tidak. Misalnya anggur yang berwarna hitam, ungu, dan hijau. Selain itu ada anggur yang berbiji dan tidak berbiji.

Manfaat anggur

Dilansir dari Healthline, berikut adalah manfaat anggur bagi tubuh Anda.

1. Mengandung banyak nutrisi, terutama vitamin C dan K

Anggur mengandung banyak nutrisi penting bagi tubuh, seperti karbohidrat, protein, serat, dan tiamin. Dalam secangkir anggur, terkandung 27 persen kebutuhan vitamin C harian dan 28 persen kebutuhan vitamin K harian.

Baca juga: Anggur di California Terpapar Partikel Radioaktif Fukushima, Kok Bisa?

2. Kaya antioksidan untuk mencegah berbagai penyakit

Antioksidan banyak ditemukan di sumber makanan nabati. Antioksidan mampu memperbaiki kerusakan sel akibat radikal bebas.

Selain itu, jika tidak dikendalikan, radikal bebas bisa menyebabkan berbagai penyakit kronik seperti diabetes, kanker, dan penyakit jantung.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Anggur kaya akan antioksidan yang bisa melawan radikal bebas tersebut. Konsentrasi antioksidan tertinggi anggur terletak pada kulit dan bijinya.

Jenis anggur yang paling tinggi adalah anggur merah karena kandungan antosianin yang memberikan anggur tersebut.

3. Baik untuk jantung

Anggur bisa membantu menurunkan tekanan darah dan menurunkan kolesterol. Kedua manfaat ini sangat baik untuk kesehatan jantung.

Dalam satu cangkir anggur, terkandung 288 miligram potasium. Angka tersebut merupakan 6 persen dari kebutuhan potasium harian. Potasium meru[akan komponen penting yang bisa membantu menurunkan tekanan darah.

Halaman:


Sumber Healthline
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.