Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/09/2021, 14:00 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

Sumber Healthline

KOMPAS.com - Anggur adalah salah satu buah yang dikenal mengandung kaya antioksidan. Anggur adalah salah satu buah yang mudah tumbuh dimana saja tidak terlalu bergantung pada iklim.

Anggur ada banyak macamnya, berdasarkan warnanya dan mengandung biji atau tidak. Misalnya anggur yang berwarna hitam, ungu, dan hijau. Selain itu ada anggur yang berbiji dan tidak berbiji.

Manfaat anggur

Dilansir dari Healthline, berikut adalah manfaat anggur bagi tubuh Anda.

1. Mengandung banyak nutrisi, terutama vitamin C dan K

Anggur mengandung banyak nutrisi penting bagi tubuh, seperti karbohidrat, protein, serat, dan tiamin. Dalam secangkir anggur, terkandung 27 persen kebutuhan vitamin C harian dan 28 persen kebutuhan vitamin K harian.

Baca juga: Anggur di California Terpapar Partikel Radioaktif Fukushima, Kok Bisa?

2. Kaya antioksidan untuk mencegah berbagai penyakit

Antioksidan banyak ditemukan di sumber makanan nabati. Antioksidan mampu memperbaiki kerusakan sel akibat radikal bebas.

Selain itu, jika tidak dikendalikan, radikal bebas bisa menyebabkan berbagai penyakit kronik seperti diabetes, kanker, dan penyakit jantung.

Anggur kaya akan antioksidan yang bisa melawan radikal bebas tersebut. Konsentrasi antioksidan tertinggi anggur terletak pada kulit dan bijinya.

Jenis anggur yang paling tinggi adalah anggur merah karena kandungan antosianin yang memberikan anggur tersebut.

3. Baik untuk jantung

Anggur bisa membantu menurunkan tekanan darah dan menurunkan kolesterol. Kedua manfaat ini sangat baik untuk kesehatan jantung.

Dalam satu cangkir anggur, terkandung 288 miligram potasium. Angka tersebut merupakan 6 persen dari kebutuhan potasium harian. Potasium meru[akan komponen penting yang bisa membantu menurunkan tekanan darah.

Beberapa penelitian bahkan menyebutkan bahwa tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan stroke disebabkan karena kurangnya asupan potasium.

Anggur juga bermanfaat untuk mengurangi kolesterol. Sebuah studi menunjukkan bahwa rutin mengonsumsi anggur selama seminggu berturut-turut, terbukti akan menurunkan kolesterol total dan kolesterol LDL.

4. Aman dikonsumsi oleh pasien diabetes

Anggur merupakan pilihan buah yang baik untuk pasien diabetes. Anggur memiliki indeks glikemik yang rendah, yaitu hanya 53. Indeks glikemik digunakan untuk mengukur jika makanan meningkatkan gula darah.

Selain itu, anggur bisa membantu menurunkan gula darah. Anggur mampu meningkatkan sensitivitas insulin sehingga mampu meningkatkan kemampuan tubuh untuk menggunakan glukosa dan menurunkan gula darah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com