Kompas.com - 26/09/2021, 09:00 WIB
Ilustrasi impotensi shutterstockIlustrasi impotensi

KOMPAS.com - Impoten adalah ketidakmampuan untuk mempertahankan ereksi yang adekuat untuk melakukan hubungan seksual. Impoten juga disebut dengan disfungsi ereksi.

Hampir semua pria akan mengalami impoten setidaknya dalam satu episode dalam hidupnya. Impoten yang persisten menyerang 25 persen pria di atas 50 tahun dan persentasinya terus meningkat.

Penyebab impoten

Penyebab utama impoten biasanya disebabkan diabetes dan kerusakan saraf. Ini juga bisa disebabkan masalah psikologis atau penggunaan obat-obatan tertentu.

Selain itu, terdapat juga beberapa faktor risiko yang meningkatkan kemungkinan untuk terkena impoten. Beberapa diantaranya adalah penyakit pembuluh darah, operasi atau trauma di sekitar area kelamin, konsumsi alkohol dan narkoba, dan merokok.

Baca juga: Bukti Lagi, Covid-19 Dapat Tinggal di Penis dan Sebabkan Sulit Ereksi

Obat herbal impoten

1. Arginin

Arginin adalah asam amino yang diperlukan tubuh untuk memproduksi nitrogen oksida. Ini merupakan zat yang berfungsi untuk mendilatasi pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah. Selain itu, arginin juga membantu menjaga fungsi hormon dan imun pada tubuh.

Anda bisa mengonsumsinya dalam bentuk suplemen yang di jual di apotik dengan dosis 1.000 miligram tiga kali sehari.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Anda juga bisa mengonsumsi makanan yang banyak mengandung arginin. Beberapa makanan yang mengandung arginin tinggi antara lain:

  • Kacang-kacangan, seperti hazelnut, almond, kacang mede, walnut, dan kacang kedelai
  • Tempe
  • Biji-bijian, contohnya biji labu
  • Produk susu, seperti susu, yoghurt, dan keju
  • Daging ayam
  • Produk gandum, seperti oat.

2. Ginseng Korea

Ginseng Korea disebut juga panax ginseng. Ginseng korea mampu meningkatkan energi dan kemampuan untuk mempertahankan ereksi. Beberapa studi menunjukkan ginseng korea mampu memperbaiki impoten. Dosisnya adalah 1.800 sampai 2.700 miligram per hari.

3. Antioksidan

Salah satu penyebab impoten adalah masalah pembuluh darah. Antioksidan mampu mencegah dan memperbaiki kerusakan yang terjadi pada pembuluh darah akibat radikal bebas. Antioksidan banyak terkandung di dalam sayur-dayuran dan buah-buahan.

4. Ginkgo biloba

Ginkgo biloba mampu memperlancar aliran darah ke penis. Kandungan ini mampu menjadi obat herbal impoten yang ampuh yang disebabkan konsumsi obat antidepresan dan penyakit kardiovaskular.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.