Faktor-faktor yang Memengaruhi Kesehatan Manusia

22/09/2021, 11:32 WIB

KOMPAS.com - Kesehatan sangat penting agar kita bisa tetap beraktivitas setiap harinya. Jika sampai tubuh kita sakit, tentu akan menghalangi kita untuk beraktivitas lebih produktif. Untuk menjaga kesehatan, ternyata banyak yang perlu dilakukan. Berikut penjelasannya.

Faktor-faktor yang mempengaruhi kesehatan manusia

Menurut Hendrick L. Blumm, ada empat faktor yang mempengaruhi kesehatan manusia.

1. Faktor perilaku

Perilaku sangat berperan penting dalam menjaga kesehatan masyarakat. Kebanyakan penyakit yang menyerang manusia disebabkan oleh perilaku yang tidak bertanggung jawab pada tubuhnya sendiri.

Beberapa perilaku yang mempengaruhi kesehatan antara lain pola makan yang sehat, istirahat yang cukup, dan olahraga teratur.

Contohn penyakit yang mungkin timbul akibat tidak menjaga perilaku kesehatan adalah tekanan darah tinggi dan kolesterol, akibat terlalu banyak makan makanan yang berlemak. Selain itu, diabetes akibat terlalu sering makan makanan yang manis.

2. Faktor lingkungan

Lingkungan yang bersih sangat berperan dalam meningkatkan kesehatan manusia. Lingkungan yang tidak terawat dan kotor berisiko menimbulkan berbagai penyakit, seperti demam berdarah, diare, dan gatal-gatal.

Baca juga: Kenali Gejala Demam Berdarah dan Cara Mencegahnya

3. Faktor pelayanan kesehatan

Ketersediaan fasilitas pelayanan kesehatan yang baik akan mempercepat kesehatan masyarakat. Fasilitas pelayanan kesehatan yang baik meliputi mutu pelayanan yang baik, ketersediaan tenaga kesehatan yang berkompetensi, akses yang mudah, serta mencapai ke pelosok.

4. Faktor keturunan

Ketiga faktor di atas dapat mencegah berbagai penyakit. Namun, ada beberapa penyakit yang sulit dihindari karena faktor keturunan. Ini merupakan faktor yang mempengaruhi kesehatan manusia yang keempat.

Beberapa penyakit mungkin langsung diturunkan oleh orangtua, seperti asma. Namun ada pula beberapa penyakit yang menimbulkan risiko terkena lebih tinggi, namun masih bisa dicegah. Contohnya seperti tekanan darah tinggi, diabetes, dan kanker.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.