Kompas.com - 21/09/2021, 21:46 WIB
Menkes Budi Gunadi Sadikin KOMPAS.COM/PERDANA PUTRAMenkes Budi Gunadi Sadikin

KOMPAS.com - Teknologi memainkan peran penting dalam pandemi Covid-19, terutama sebagai media komunikasi.

Mengingat virus corona penyebab Covid-19 menyebar melalui droplet dan aerosol, sehingga membuat semua orang harus membatasi aktivitas di luar rumah, termasuk bertemu orang lain.

Namun komunikasi harus terus berjalan. Di saat inilah, teknologi dibutuhkan untuk menjaga komunikasi tetap berjalan lancar.

Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin mengatakan, semua masyarakat Indonesia, yang tua dan yang muda, yang tinggal di kota atau tinggal di desa, semua memiliki hal untuk mendapatkan layanan kesehatan yang setara.

Baca juga: 4 Strategi Menkes Hadapi Lonjakan Kasus Covid-19 di Indonesia

Masalahnya, ini bukan hal mudah, karena Indonesia amat luas dan terdiri dari ribuan kepulauan.

Dalam kondisi tersebut, dikatakan Budi, pihaknya banyak memanfaatkan aplikasi WhatsApp, termasuk untuk layanan telemedicine, agar memudahkan pasien berkonsultasi dengan dokter.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Kami kontak para dokter muda di berbagai wilayah di Indonesia dan menanyakan kesediaan mereka untuk melakukan telemedicine. Mereka mau. Dan ini bisa dilakukan dengan panggilan suara atau panggilan video,” kata Budi dalam event COVID Response: The Role of Tech in the Global Recovery, Selasa (21/9/2021).

Komunikasi lebih cepat dan lebih baik

Selain itu, Budi mengaku selama pandemi Covid-19, ia memiliki lebih dari 20 grup baru di WhatsApp dengan topik berbeda.

“Di antaranya satu grup adalah tim rumah sakit, ada juga grup oksigen, grup testing and tracing, grup obat-obatan, ada grup epidemiolog, grup professor yang membahas genome sequencing, hingga grup media yang sangat ingin tahu apa yang terjadi,” ungkap Budi.

Menurut Budi, WhatsApp sudah menjadi bagian dari kehidupan, karena memungkinkan siapa pun untuk berkomunikasi dengan lebih cepat dan jauh lebih baik.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.