Kompas.com - 21/09/2021, 20:45 WIB
Pasca likuifaksi di Petobo Kompas.com/Jodhi YudonoPasca likuifaksi di Petobo

KOMPAS.comLikuifaksi adalah perubahan material yang padat menjadi seperti cairan. Dilansir dari Institut Teknologi Bandung, likuifaksi terjadi pada tanah sedimen yang terkena gempa, lalu bergeser seolah-olah menjadi cairan.

Likuifaksi merupakan fenomena ketika tanah tanpa kohesi menjatuhkan kekuatan gesernya secara signifikan. Kekuatan itu mengalir di bawah volume yang konstan dan tegangan yang konstan akibat tekanan pori yang berlebih selama gempa bumi.

Syarat terjadinya likuifaksi

Dilansir dari Teknik Geologi Universitas Syiah Kuala, peristiwa likuifaksi pasca gempa berpotensi terjadi pada daerah dengan karakteristik sebagai berikut:

1. Keberadaan tanah berbutir kasar yang dominan

Contoh tanah tipe granular adalah kerikil, pasir, atau lanau. Tanah tipe ini tidak memiliki nilai kohesi. Artinya, tanah ini tidak bisa dibentuk dengan tangan ketika dalam kondisi lembab dan mudah terurai ketika dalam kondisi kering.

2. Kondisi lapisan tanah jenuh air dekat dengan permukaan

Lokasi dengan permukaan air tanah yang dangkal mempunyai risiko tinggi mengalami likuifaksi. Air yang berada di dalam rongga butiran tanah inilah yang akan menimbulkan kenaikan tekanan hidrostatik di dalam tanah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

3. Beban siklik dengan intensitas dan durasi yang cukup besar

Beban siklik adalah beban berulang, contohnya gempa bumi dengan nilai magnitude tinggi. Pada kasus peristiwa likuifaksi di Palu pada tahun 2018, terjadi gempa berkekuatan 7 Skala Richter.

Baca juga: Likuefaksi atau Likuifaksi? Gempa dan Perdebatan Bahasa di Era SEO

4. Umur lapisan tanah yang masih muda

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.