Kompas.com - 20/09/2021, 19:00 WIB
Peneliti Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dari Pusat Penelitian Biologi berhasil menemukan spesies katak terbaru yakni katak kecil bermulut sempit, yang dinamai Microhyla sriwijaya. Nama Sriwijaya ini diambil dari Kerajaan Sriwijaya yang pernah berjaya di Sumatera pada masa lalu. Dok. BRIN LIPIPeneliti Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dari Pusat Penelitian Biologi berhasil menemukan spesies katak terbaru yakni katak kecil bermulut sempit, yang dinamai Microhyla sriwijaya. Nama Sriwijaya ini diambil dari Kerajaan Sriwijaya yang pernah berjaya di Sumatera pada masa lalu.

KOMPAS.com - Peneliti Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dari Pusat Penelitian Biologi berhasil menemukan spesies katak terbaru yakni katak kecil bermulut sempit.

Spesies katak ditemukan pada 2018 dan 2019 di perkebunan kelapa sawit Pulau Belitung dan Lampung di Sumatera bagian tenggara oleh tim herpetologi.

Spesies baru ini kemudian diberi nama ilmiah Microhyla sriwijaya.

Peneliti Herpetologi Pusat Penelitian Biologi, Amir Hamidy mengatakan, nama sriwijaya dipilih untuk diabadikan sebagai nama jenis.