Kompas.com - 20/09/2021, 13:02 WIB
Ilustrasi buaya, salah satu hewan purba yang tidak mengalami banyak perubahan fisik. SHUTTERSTOCK / Janos RautonenIlustrasi buaya, salah satu hewan purba yang tidak mengalami banyak perubahan fisik.
Penulis Lulu Lukyani
|

KOMPAS.com – Jutaan tahun yang lalu, dinosaurus hidup bersama banyak makhluk prasejarah lainnya.

Beberapa hewan purba tersebut masih hidup hingga saat ini dan hanya mengalami sedikit modifikasi dari nenek moyang mereka.

Dilansir dari Smithsonian Magazine, seringkali makhluk yang tampaknya kuno tersebut merupakan perwakilan dari garis keturunan yang dulunya lebih beragam.

Salah satu hewan purba yang tidak mengalami banyak perubahan adalah buaya dan hiu sehingga mereka dijuluki sebagai “fosil hidup”.

Selain buaya dan hiu, dilansir dari World Atlas, berikut adalah 5 hewan purba yang masih hidup:

Baca juga: Jejak Bayi Gajah Prasejarah Ditemukan, Ungkap Bukti Perburuan Manusia Purba

1. Ikan pari air tawar raksasa

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ikan pari air tawar raksasa dianggap sebagai salah satu ikan air tawar terbesar di dunia. Ia bisa tumbuh hingga 1,89 meter dengan berat lebih dari 500 kg.

Diyakini bahwa ikan pari air tawar ini berevolusi sekitar 100 juta tahun yang lalu dan saat ini tengah berhadapan dengan kepunahan.

2. Nautilus

Nautilus, makhluk hidup yang telah ada di Bumi selama sekitar 500 juta tahun. Ia menghuni terumbu karang di sekitar Samudera Hindia.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.