Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/06/2021, 18:02 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com- Meski pandemi Covid-19 tengah melanda tanah air pada tahun 2020 lalu, para peneliti bidang botani atau taksonom, berhasil menemukan dan mendeskripsikan 11 spesies baru tumbuhan di hutan Indonesia.

Temuan ini adalah hasil observasi yang dilakukan oleh Tim Peneliti Bidang Botani Pusat Penelitian Biologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) yang bekerjasama sama dengan peneliti kebun raya dan peneliti asing.

Berikut 11 spesies baru tanaman yang berhasil dideskripsikan selama tahun 2020.

1. Empat jenis baru marga Begonia

Jenis baru tumbuhan yang berhasil ditemukan dan dideskripsilan berasal dari tanaman marga Begonia. Begonia adalah tumbuhan yang saat ini banyak diminati sebagai tanaman hias.

Baca juga: 8 Spesies Baru Tumbuhan Unik Ditemukan di Hutan Indonesia Selama Pandemi

 

Empat jenis baru marga Begonia ini dideskripsikan oleh Peneliti Pusat Penelitian Biologi LIPI, Deden Girmansyah dan tim.

Penemuan terbaru tersebut terdiri dari tiga spesies baru tumbuhan Begonia sect. dan dikoleksi dari dua tempat yang berbeda.

Jenis-jenis baru Begonia yang dikoleksi dari Kalimantan adalah Begonia bawangensis Girm. & M.Hughes, Begonia pendulina Girm. & M.Hughes, dan Begonia recurvata Girm. & M.Hughes.

Sementara, satu jenis baru Begonia sect. Bracteibegonia yang dikoleksi dari Kepulauan Mentawai, diberi nama Begonia mentawaiensis Form. & M.Hughes.

Baca juga: Nepenthes Putaiguneung Spesies Baru Tanaman Karnivora Endemik Sumatera

 

2. Satu jenis baru Impatiens

Jenis tumbuhan berikutnya yang berhasil ditemukan adalah satu jenis baru Impatiens, yaitu Impatiens marroninus Utami (Balsaminaceae).

Impatiens sendiri adalah genus dari tanaman berbunga yang memiliki lebih dari 1.000 spesies. Genus ini tersebar luas di seluruh Belahan Bumi Utara dan di daerah tropis.

Sama halnya dengan tumbuhan Begonia. Beberapa jenis tumbuhan Impatiens juga sering dijadikan taman hias di rumah-rumah masyarakat karena memiliki bunga yang indah.

Adapun, tumbuhan jenis baru Impatiens marroninus Utami ini berhasil ditemukan dan dideskripsikan oleh Peneliti Pusat Penelitian Biologi LIPI, Nanda Utami.  Spesies tanaman ini termasuk ke dalam sub-marga Impatiens sect. Kathetophyllon yang dikoleksi dari Sumatera.

Baca juga: 3 Tanaman Begonia Baru Endemik Sulawesi, Ada yang Spesies Langka di Asia

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com