Kompas.com - 09/06/2021, 18:02 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

KOMPAS.com- Meski pandemi Covid-19 tengah melanda tanah air pada tahun 2020 lalu, para peneliti bidang botani atau taksonom, berhasil menemukan dan mendeskripsikan 11 spesies baru tumbuhan di hutan Indonesia.

Temuan ini adalah hasil observasi yang dilakukan oleh Tim Peneliti Bidang Botani Pusat Penelitian Biologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) yang bekerjasama sama dengan peneliti kebun raya dan peneliti asing.

Berikut 11 spesies baru tanaman yang berhasil dideskripsikan selama tahun 2020.

1. Empat jenis baru marga Begonia

Jenis baru tumbuhan yang berhasil ditemukan dan dideskripsilan berasal dari tanaman marga Begonia. Begonia adalah tumbuhan yang saat ini banyak diminati sebagai tanaman hias.

Baca juga: 8 Spesies Baru Tumbuhan Unik Ditemukan di Hutan Indonesia Selama Pandemi

Empat jenis baru marga Begonia ini dideskripsikan oleh Peneliti Pusat Penelitian Biologi LIPI, Deden Girmansyah dan tim.

Penemuan terbaru tersebut terdiri dari tiga spesies baru tumbuhan Begonia sect. dan dikoleksi dari dua tempat yang berbeda.

Jenis-jenis baru Begonia yang dikoleksi dari Kalimantan adalah Begonia bawangensis Girm. & M.Hughes, Begonia pendulina Girm. & M.Hughes, dan Begonia recurvata Girm. & M.Hughes.

Sementara, satu jenis baru Begonia sect. Bracteibegonia yang dikoleksi dari Kepulauan Mentawai, diberi nama Begonia mentawaiensis Form. & M.Hughes.