Spesies Baru Kodok dari Ekuador Dinamai Led Zeppelin, Mirip Band Rock

Kompas.com - 20/06/2021, 18:00 WIB
Gloria Setyvani Putri

Editor

KOMPAS.com - Para ilmuwan di Ekuador menemukan spesies baru kodok yang mereka namakan Led Zeppelin, berdasarkan nama band rock legendaris Inggris.

Pristimantis ledzeppelin dijabarkan memiliki mata berwarna merah tembaga dan kulit berbintil-bintil berwarna kuning, cokelat, hitam, dan oranye.

Ia dapat tumbuh hingga sepanjang tiga sentimeter.

Baca juga: Seri Fauna Nusantara, LIPI Temukan Spesies Baru Katak di Area Freeport

Spesies ini merupakan bagian dari keluarga Pristimantis yang banyak ditemukan di hutan Cordillera del Cóndor, yang terletak di antara Ekuador bagian tenggara dan Peru bagian timur laut.

28 spesies Pristimantis telah ditemukan dalam dua tahun terakhir.

Para ilmuwan mengatakan bahwa nama Pristimantis ledzeppelin diberikan untuk menghormati band tersebut dan musik mereka yang luar biasa.

Penemuan yang dilaporkan dalam makalah di jurnal Neotropical Biodiversity ini, menambah pengetahuan tentang keanekaragaman hayati yang unik di Cordillera del Condor, yang merupakan bagian dari kawasan ekologi paling terancam di dunia.

"Khususnya wilayah Pristimantis ledzeppelin ditemukan adalah bagian dari konsesi tambang sebuah perusahaan multinasional," tulis para peneliti.