Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/09/2021, 21:26 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.com - Paru-paru adalah organ yang penting bagi manusia untuk pernapasan. Jika paru-paru bermasalah, maka kesehatan tubuh secara umum akan terganggu.

Penyebab gangguan paru-paru sangat beragam. Gangguan paru tidak hanya disebabkan penyakit infeksi dan noninfeksi, namun juga disebabkan menghirup banyak polusi, asap rokok, dan toksin.

Obat herbal paru-paru

Terdapat beberapa obat herbal paru-paru yang bisa membantu membersihkan paru-paru dan menjaga kesehatan paru-paru.

1. Teh hijau

Teh hijau adalah minuman yang sangat kaya antioksidan. Antioksidan mampu meredakan inflamasi di paru-paru. Komponen tersebut juga mampu untuk melindungi paru-paru dari efek buruk yang ditimbulkan akibat mengisap asap.

Sebuah studi di Korea menemukan bahwa orang yang meminum dua cangkir teh hijau per hari memiliki kondisi paru-paru yang lebih sehat dari yang tidak meminum.

2. Makanan yang memiliki efek antiinflamasi

Inflamasi pada saluran pernapasan bisa menyebabkan sulit bernapas. Ini akan menyebabkan seseorang sulit bernapas dan sesak.

Beberapa makanan yang kaya akan efek antiinflamasi:

  • Kunyit
  • Jahe
  • Sayuran hijau
  • Ceri
  • Bluberi
  • Zaitun
  • Kacang-kacangan.

Baca juga: 6 Obat Herbal Keputihan yang Bisa Didapatkan di Rumah

3. Teh mint dan eucalyptus

Banyak teh herbal yang bisa membantu melegakan tenggorokan untuk membantu pernapasan. Salah satunya adalah teh mint dan eucalyptus.

Teh mint dan eucalyptus terbukti secara ilmiah mampu menenangkan orang dengan infeksi saluran pernapasan atas. Selain itu, teh ini mampu meredakan inflamasi.

4. Kopi

Kopi mengandung kafein yang bisa membuka jalur pernapasan sehingga Anda bisa bernapas lebih lega. Anda bisa mengonsumsi kopi secara rutin untuk mendapatkan efeknya.

5. Air garam

Air garam bisa digunakan untuk gargling. Air garam mampu meredakan iritasi pada tenggorokan dan saluran pencernaan. Namun, hati-hati jangan sampai menelan air garam tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com