Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/09/2021, 07:30 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.comGERD adalah singkatan dari gastroesophageal reflux disease. Ini merupakan gejala asam lambung yang sering naik. Biasanya gejalanya disertai batuk dan nyeri dada.

GERD bisa diobati dengan obat yang dijual bebas di apotik untuk mengatasi asam lambung, seperti antasida. Selain itu, penderitanya harus mengubah gaya hidup serta pola makan.

Pada beberapa kasus parah, pasien membutuhkan resep obat tambahan agar asam lambung tidak melukai esofagus.

Tidak hanya itu, banyak herbal yang bisa meredakan gejala GERD. Dilansir dari Medical News Today, berikut adalah obat herbal GERD paling ampuh.

Jahe

Pada penelitian yang dipublikasikan di NCBI, jahe mampu mengurangi gejala GERD. Jahe juga dinilai aman untuk dikonsumsi. Penelitian menunjukkan bahwa jahe menimbulkan efek samping jika dikonsumsi lebih dari 5 gram per hari.

Namun, dokter tidak menyarankan obat ini dikonsumsi oleh orang dengan gangguan darah. Hal ini disebabkan karena jahe memiliki efek mengencerkan darah.

Orang yang hendak melakukan operasi, baik operasi kecil, maupun operasi besar direkomendasikan untuk berhenti mengonsumsi jahe.

Baca juga: 5 Obat Herbal untuk Asam Lambung Naik

Licorice

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi licorice mampu menurunkan gejala GERD dan menurunkan asam lambung.

Namun, pengguna herbal satu ini harus berhati-hati. Salah satu efek samping dari licorice adalah menaikkan tekanan darah.

Teh chamomile

Teh chamomile memiliki aroma dan rasa yang menenangkan. Teh ini dikenal mampu mengurangi kecemasan dan membantu orang yang mengalami susah tidur dan depresi.

Salah satu pemicu GERD adalah stres atau cemas. Menenangkan diri dengan meminum teh chamomile menunjukkan teh ini mampu menurunkan asam lambung.

Selain itu, sebuah studi juga menyebutkan bahwa ekstrak chamomile bisa menurunkan asam lambung sama dengan efek yang ditimbulkan antasid.

Namun, studi ini baru memeriksanya di laboratorium, sehingga membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan khasiatnya pada manusia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com