Sistem Peredaran Darah Serangga Beserta Fungsi

15/09/2021, 19:45 WIB

KOMPAS.com - Sistem peredaran darah serangga sedikit berbeda dengan sistem peredaran darah pada hewan lainnya, seperti mamalia atau hewan bertulang belakang.

Sistem peredaran darah serangga

Sistem peredaran darah pada serangga adalah peredaran darah terbuka. Dalam sistem peredaran darah terbuka, darah serangga mengalir tidak melalui pembuluh darah.

Darah serangga mengalir melalui ruang-ruang di dalam tubuh serangga. Darah tersebut menggenangi jaringan dan organ tubuh serangga.

Darah serangga disebut hemolimfa. Hemolimfa tidak berwarna merah seperti darah manusia karena tidak mengandung hemoglobin.

Hemolimfa adalah cairan yang tersusun atas darah dan cairan interstitial. Hemolimfa mengandung air, ion anorganik, lipid, gula, asam amino, protein, asam organik, dan sel darah.

Jantung serangga berbentuk tabung panjang dan terletak di punggung serangga. Terdapat pembuluh darah besar sebagai tempat keluar darah dari jantung yang terletak di bagian depan atau bawah jantung.

Selanjutnya, pembuluh darah di belakang jantung akan mengisap darah dari ruang hemosoel. Ini adalah ruang tempat menggenangnya darah serangga.

Baca juga: Fosil Berusia 50 Juta Tahun Ungkap Rupa Organ Genital Serangga Purba

Fungsi peredaran darah serangga

Darah serangga berfungsi sebagai berikut:

  1. Pelumas seluruh organ serangga
  2. Alat transportasi bahan makanan ke seluruh tubuh
  3. Media hidrolik untuk mengembangkan badan
  4. Alat pelindung terhadap fagositosis
  5. Pengaturan panas tubuh.

Fungsi sistem peredaran darah yang tidak terdapat pada serangga

Fungsi sistem peredaran darah yang tidak terdapat pada serangga adalah fungsi untuk membawa kandungan hemoglobin yang mengikat oksigen untuk diedarkan ke seluruh tubuh. Fungsi sirkulasi oksigen dan karbon dioksida di tubuh serangga menggunakan organ trakea.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.