Kompas.com - 02/09/2021, 07:03 WIB
Ilustrasi salah satu penyakit autoimun yaitu diabetes melitus tipe 1 freepikIlustrasi salah satu penyakit autoimun yaitu diabetes melitus tipe 1


KOMPAS.com - Diabetes melitus adalah penyakit gangguan metabolisme yang menyebabkan kadar gula darah tinggi. Selain diabetes melitus tipe 2, ada juga diabetes tipe 1.

Kadar gula darah tinggi tersebut terjadi karena penyakit diabetes melitus membuat pankreas tidak bisa memproduksi insulin dalam jumlah cukup.

Kondisi lainnya, pankreas dapat menghasilkan insulin, tapi insulin yang dihasilkan tidak dapat digunakan secara optimal.

Kedua kondisi inilah yang dapat membuat gula darah penderita diabetes ini melonjak. Salah satu jenis diabetes yang sering diderita oleh masyarakat dan jarang disadari adalah diabetes melitus tipe 1 (DMT1).

Diabetes melitus tipe 1 (DMT1) bisa terjadi ketika sel penghasil insulin dari pankres rusak. Serta, bisa juga disebabkan oleh mutasi gen dan faktor lingkungan.

Dampaknya, hormon insulin yang dihasilkan terlalu sedikit, atau tidak ada insulin sama sekali. Sehingga efek dari kondisi ini membuat gula atau glukosa tidak dapat masuk ke tubuh dan tidak bisa digunakan sebagai energi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Diabetes Melitus, Kenali Faktor Risiko sampai Gejalanya

 

Meskipun, tidak sebanyak kasus Diabetes Melitus tipe 2, tetapi sebanyak 10 persen kasus diabetes merupakan jenis diabetes melitus tipe 1, dengan berbagai gejala dan penyebab.

Selain itu, jenis penyakit diabetes yang satu ini diketahui umumnya menyerang orang di bawah usia 30 tahun.

Bahkan, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan bahwa diabetes melitus tipe 1 memang paling banyak diderita dialami oleh anak-anak dan remaja.

Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Prof Dr dr Aman Bhakti Pulungan SpA (K) FAAP FRCPI (Hon) mengatakan, prevalensi kasus DMT1 di Indonesia terus meningkat.

Dalam waktu sepuluh tahun terakhir, prevalensi Diabetes Melitus Tipe 1 di Indonesia meningkat tujuh kali lipat, dari 3,88 per 100 juta penduduk pada tahun 2000 menjadi 28,19 per 100 juta penduduk pada tahun 2010.

Baca juga: Kenali Gejala Diabetes Melitus Tipe 2 dan Pengobatannya

 

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.