Ketua Satgas IDI: Vitamin D Penting, tapi Asupan yang Tinggi Berbahaya

Kompas.com - 18/08/2021, 11:32 WIB
Ilustrasi suplemen vitamin D SHUTTERSTOCK/FestaIlustrasi suplemen vitamin D

KOMPAS.com - Sistem imun tubuh yang baik dapat melawan infeksi virus corona. Tak heran, vitamin D sering diresepkan untuk pasien Covid-19.

Diberitakan Kompas.com pada 7 Juli 2021, Guru Besar Fakultas Farmasi UGM, Prof. Dr. Zullies Ikawati, Apt mengatakan bahwa vitamin C, D, dan E paling sering dihubungkan dengan sistem imun.

"Vitamin D memang salah satu yang berkorelasi dengan sistem imun tubuh," kata Prof. Zullies.

Kendati baik untuk tubuh, namun Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Prof. Zubairi Djoerban mengatakan bahwa asupan vitamin D yang sangat tinggi bisa berbahaya untuk tubuh.

Selain itu. dia juga menyampaikan bahwa belum ada bukti ilmiah yang kuat bahwa suplemen vitamin D bermanfaat mencegah atau mengobati Covid-19.

Baca juga: 4 Efek Samping Mengonsumsi Terlalu Banyak Vitamin D

"Jadi, jangan kampanye yang berlebihan sebelum ada bukti," tulis Prof. Zubairi dalam akun twitternya @ProfesorZubairi, Selasa (17/8/2021).

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pernah menyampaikan fakta bahwa rata-rata kadar vitamin penduduk Indonesia cukup rendah, yakni 17,2 nanogram per mililiter.

Padahal, kadar normal vitamin D dalam tubuh antara 30 sampai 60 nanogram per mililiter.

Meski rata-rata kadar vitamin D penduduk Indonesia cukup rendah, kata Prof Zubairi, bukan berarti kita harus mengonsumsi suplemen vitamin D setiap hari.

"Tetaplah konsumsi sesuai kebutuhan," ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.