Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Dosis Vitamin D dan Vitamin C yang Harus Dikonsumsi Saat Terinfeksi Covid-19?

Kompas.com - 10/07/2021, 18:09 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

KOMPAS.com - Tanpa perlu tambahan asupan vitamin dari suplemen, produksi vitamin harian oleh tubuh masih bisa dicukupi. Akan tetapi, bagaimana saat tubuh sakit atau sedang terinfeksi Covid-19, berapa dosis vitamin D maupun vitamin C yang harus dikonsumsi?

Belakangan suplemen makanan dan vitamin D maupun vitamin C banyak diburu masyarakat. Hal ini tak terlepas seiring terus meningkatnya kasus Covid-19 di Indonesia.

Masyarakat pun banyak yang memborong berbagai suplemen makanan dan vitamin sebagai upaya pencegahan dan penguatan sistem kekebalan tubuh, agar tidak mudah sakit.

Bahkan, banyak masyarakat yang meyakini bahwa konsumsi vitamin C maupun vitamin D dalam dosis tinggi dapat meningkatkan imun dan terhindar dari infeksi Covid-19.

Sejak kasus Covid-19 melonjak, berbagai dosis vitamin, baik vitamin C maupun vitamin D banyak diburu masyarakat.

Guru Besar Fakultas Farmasi UGM, Prof. Dr. Zullies Ikawati, Apt, mengatakan beberapa kajian mengungkapkan bahwa ternyata rata-rata orang memiliki kadar konsumsi vitamin D yang rendah.

Baca juga: Ini Dosis Vitamin C yang Dianjurkan dan Efek Samping jika Berlebihan

 

"Makanya, diperlukan tambahan (asupan vitamin dari luar). Sedangkan kebutuhan vitamin D untuk preventif harian, untuk menjaga kesehatan dosis vitamin D sekitar 500IU atau 400IU hingga 1000IU sudah cukup," ungkap Prof Zullies kepada Kompas.com, Rabu (7/7/2021).

Dosis vitamin D untuk Covid-19

Untuk diketahui, Prof Zullies mengatakan bahwa memang vitamin C, vitamin D maupun vitamin E, berkaitan erat dengan sistem imun atau kekebalan tubuh.

Kendati tidak masalah asupan vitamin dapat diperoleh dengan konsumsi suplemen, namun pada dasarnya sumber vitamin D pun dapat diperoleh dari makanan sehat dan sinar matahari.

"Sebenarnya sumber vitamin D juga bisa diperoleh dari makanan dan sinar matahari yakni dengan berjemur setiap pagi. Ini sudah cukup memenuhi kebutuhan vitamin D harian tubuh," ungkap Prof Zullies

Vitamin sangat diperlukan untuk tubuh untuk menjaga imun tubuh. Rata-rata per hari kebutuhan vitamin D berdasarkan usia, kata Prof Zullies, memang berbeda.

Lantas, bagaimana saat kondisi tubuh sedang tidak sehat, atau mungkin sedang terinfeksi Covid-19, berapa dosis vitamin D atau vitamin C yang harus dikonsumsi?

Baca juga: Vitamin D Langka Diburu untuk Tingkatkan Imunitas, Benarkah Bisa Cegah Covid-19?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com