Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Hari Ini: M 6,2 Guncang Kepulauan Talaud, 8 Kali Susulan

Kompas.com - 10/07/2021, 09:58 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Gempa hari ini berkekuatan magnitudo M 6,2 mengguncang wilayah Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara, pagi ini pukul 07.43 WIB, Sabtu (10/7/2021).

Hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan episenter gempa bumi terletak pada koordinat 2,99 derajat LU dan 126,64 derajat BT.

Lokasi tepatnya berada di laut pada jarak 112 km arah Barat Daya Kota Melonguane, Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara pada kedalaman 23 km.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno MSi mengatakan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal.

Baca juga: Gempa Hari Ini: M 5,5 Guncang Kepulauan Talaud akibat Aktivitas Subduksi Sangihe

 

Gempa bumi dengan kekuatan M 6,2 yang mengguncang Kepulauan Talaud ini akibat adanya deformasi atau penyesaran pada Lempeng Laut Maluku.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi ini memiliki mekanisme pergerakan sesar naik (thrust fault)," kata Bambang dalam keterangan tertulisnya.

Kendati pusat guncangan gempa bumi hari ini di Kepulauan Talaud, terjadi di laut, tetapi hasil pemodelan BMKG tidak menunjukkan adanya potensi tsunami.

Akan tetapi, guncangan gempa bumi berkekuatan M 6,2 di Kepulauan Talaud hari ini, sudah cukup untuk membuat masyarakat di sejumlah wilayah sekitar merasakan getaran gempa dengan skala intensitas yang bervariasi.

Baca juga: Magnitudo Gempa Talaud Lebih Besar, Kenapa Tidak Separah Gempa Majene?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com