Ini Dosis Vitamin C yang Dianjurkan dan Efek Samping jika Berlebihan

Kompas.com - 19/03/2020, 11:00 WIB
Ilustrasi vitamin C SHUTTERSTOCK/PixelblissIlustrasi vitamin C

KOMPAS.com - Vitamin C merupakan nutrisi penting yang dapat membantu menjaga sistem imun, memperkuat tulang, meningkatkan fungsi otak, serta memiliki peran penting dalam penyembuhan luka.

Vitamin C sering ditemukan pada buah dan sayur.

Namun, beberapa peneliti mengklaim vitamin C pada suplemen menawarkan lebih banyak keuntungan daripada vitamin C yang ditemukan pada makanan.

Biasanya orang mengonsumsi suplemen vitamin C karena mereka percaya vitamin C dapat menangkal berbagai penyakit.

Baca juga: 1.000 mg Vitamin C Memang Bisa Sembuhkan Sariawan, tetapi...

Namun, jika terlalu banyak mengonsumsi vitamin C bisa menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan.

Hal tersebut terjadi karena vitamin C merupakan vitamin yang larut dalam air sehingga tidak disimpan oleh tubuh. Ini berbeda dengan vitamin yang tidak larut dalam air.

Vitamin C akan diangkut ke jaringan melalui cairan tubuh. Vitamin yang tersisa tidak dibutuhkan oleh tubuh sehingga akan diekskresikan bersama urine.

Namun, jika vitamin C terbuang dalam jumlah besar, bisa menyebabkan gangguan pencernaan hingga batu ginjal. Karena vitamin akan menumpuk dan berpotensi menyebabkan overdosis.

Dosis vitamin C yang dianjurkan

Dilansir Health Line, karena vitamin C larut dalam air dan butuh waktu beberapa jam untuk membuang vitamin yang tidak dibutuhkan, akan sulit untuk mengosumsi vitamin dalam jumlah banyak.

Sebenarnya, jika Anda hanya mengonsumsi vitamin C dari makanan, kemungkinan overdosis vitamin C sangat kecil. Kecuali jika Anda mendapatkan vitamin C dari suplemen.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Sumber Healthline
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X