Kompas.com - 04/08/2021, 21:33 WIB

KOMPAS.com - Virus corona penyebab Covid-19 bukan hanya menginfeksi orang dewasa, tapi juga anak-anak. Apalagi, setelah merebaknya virus corona varian Delta.

Saa seperti pada orang dewasa, infeksi Covid-19 pada anak juga bsa menyebabkan anosmia (kehilangan kemampuan untuk mencium bau) dan ageusia (kehilangan kemampuan untuk mengecap).

Namun, masalahnya anak-anak terutama yang masih kecil, tentu saja belum dapat mendeskripsikan apa yang dirasakannya dengan jelas.

Baca juga: Panduan Isolasi Mandiri untuk Anak Menurut IDAI

Dokter Spesialis Anak dr. Cynthia Rindang Kusumaningtyas, Sp.A mengatakan, saat anosmia dan ageusia terjadi, seringkali rasa dan bau makanan akan berubah, atau bahkan anak tidak bisa merasakan atau mencium bau makanan sama sekali, yang tentunya akan berpengaruh besar pada nafsu makan anak.

Pada kondisi seperti ini, menurut dr Cynthia, peran orangtua sangat besar dalam memastikan asupan anak tetap baik. Karena, selama anak sakit, kebutuhan makro dan mikronutrien harus tetap dipenuhi untuk melawan infeksi yang terjadi.

“Ketelatenan dalam pemberian asupan menjadi kunci penting. Orangtua dapat menawarkan pada anak berbagai macam makanan dan kudapan dalam porsi kecil dengan frekuensi lebih sering,” kata dr Cynthia.

Baca juga: Bayi Positif Covid-19, Ini 4 Hal yang Harus Diperhatikan Orangtua Saat Merawatnya

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.