Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/08/2021, 21:00 WIB
Bestari Kumala Dewi

Penulis

KOMPAS.com - Bagi para pencinta minuman manis, deretan minuman manis, seperti segelas teh boba, segelas kopi susu, atau sebotol minuman bersoda mungkin bukan hanya melegakan dahaga, tapi juga menambah semangat.

Namun, tahukah Anda, kenikmatan yang didapat dari minuman manis tersebut, bukan hal baik untuk kesehatan tubuh.

Minuman manis adalah sumber utama gula tambahan, yang mana, jika sering mengonsumsi minuman manis dikaitkan dengan risiko berbagai penyakit, seperti obesitas, kerusakan gigi, diabetes tipe 2, penyakit ginjal, penyakit jantung, dan sebagainya.

Baca juga: Racun di Balik Minuman Hits Boba Tea, dari Sembelit hingga Jantung

Ahli gizi masyarakat, DR. dr. Tan Shot Yen, M.hum mengatakan, orang-orang seringkali menganggap minuman-minuman manis aman dikonsumsi, padahal masalahnya minuman manis tidak membunuh seketika. Belum lagi, sifatnya yang addiktif.

“Gula itu addiktif. Sehingga, tanpa disadari jumlah konsumsi gula semakin hari cenderung akan semakin naik, sejalan dengan toleransi rasa manis,” kata dr Tan kepada Kompas.com, Rabu (4/8/2021).

“Yang tadinya hanya 1 sendok teh, nanti tau-tau meningkat 1 sendok makan. Selain itu, ada efek withdrawal syndrome juga ya, artinya jika lepas dari gula, akan menimbulkan rasa gelisah, sakit kepala, atau merasa ada yang kurang,” lanjutnya.

Menurut dr Tan, kebiasaan konsumsi minuman manis akan menyebabkan lingkaran sesat yang merugikan.

Diawali dari mengonsumsi makanan tinggi kalori, tinggi gula, dan rendah serat yang akan cepat dicerna menjadi gula, kemudian menyebabkan stimulasi dopamine berlebihan, yang selanjutnya menyebabkan rasa cepat lapar dan ingin makan lagi.

Efeknya jangka panjang akan menyebabkan kegemukan, risiko kanker semakin tinggi, penyakit jantung pembuluh darah, infeksi, gangguan cerna, hingga perpendekan telomere.

Selain itu, terlalu banyak minum minuman manis juga menyebabkan orang cenderung malas bergerak, gangguan suasana hati, dan gangguan hormonal. Jika kondisi ini dibiarkan, maka akan kembali ke siklus awal lagi, yaitu mengonsumsi makanan tinggi kalori dan tinggi gula.

“Asupan gula tinggi membuat insulin ikut melonjak, kemudian otak memberi perintah untuk menekan gula. Nah saat gula anjlok turun, orang akan merasa ngantuk, karena otak sangat sensitif dengan menurunnya gula,” tutur dr Tan.

“Tapi, sekaligus dalam waktu singkat akan muncul rasa lapar lagi. Ini karena gula simpleks lekas hilang dari darah. Selain itu, stimulasi dopamine juga jadi berlebihan, sehingga mudah gelisah,” imbuhnya.

Baca juga: Tak Cuma Garam, Minuman Manis Juga Terbukti Picu Risiko Kematian Dini

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com