Kompas.com - 23/07/2021, 18:02 WIB
Ilustrasi mukormikosis. Usai Covid-19, seorang pria di India terinfeksi mukormikosis yang disebabkan oleh jamur hitam. Penyakit ini menyerang daerah mata. Shutterstock/stockpexelIlustrasi mukormikosis. Usai Covid-19, seorang pria di India terinfeksi mukormikosis yang disebabkan oleh jamur hitam. Penyakit ini menyerang daerah mata.
Penulis Lulu Lukyani
|

KOMPAS.com – Mucormycosis yang juga dikenal sebagai infeksi jamur hitam merupakan infeksi serius yang disebabkan oleh kelompok jamur mucormycetes.

Utamanya, jamur hitam menyerang orang dengan masalah kesehatan atau mengonsumsi obat-obatan yang menurunkan kemampuan tubuh untuk melawan penyakit.

Infeksi ini paling sering memengaruhi paru-paru atau sinus. Gejalanya juga dapat terjadi pada kulit yang tampak seperti luka bakar atau cedera kulit lainnya.

Dari mana asal jamur hitam?

Dilansir dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC), mucormycetes adalah kelompok jamur yang terdapat di berbagai lingkungan, terutama di tanah dengan bahan organik yang membusuk, seperti daun, kotoran hewan, atau tumpukan kompos.

Adapun jenis yang paling umum menyebabkan infeksi jamur hitam adalah spesies Rhizopus dan Mucor.

Baca juga: Jamur Superbug Menyebar di Rumah Sakit dan Panti Jompo di Amerika Serikat

Mucormycetes umumnya ditemukan di tanah daripada di udara dan lebih banyak ketika musim panas.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebenarnya, jamur mucormycetes tidak berbahaya bagi sebagian orang. Namun, bagi orang dengan sistem kekebalan yang lemah, menghirup spora mucormycetes dapat menyebabkan infeksi paru-paru atau sinus yang menyebar ke bagian tubuh lain.

Gejala infeksi jamur hitam

Terdapat beberapa gejala infeksi jamur hitam yang menyerang pernapasan dan kulit. Dilansir dari Healthline, berikut adalah gejala jamur hitam pada pernapasan:

1. Batuk

2. Demam

3. Sakit kepala

4. Hidung tersumbat

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.