Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Mencegah Infeksi Jamur Hitam atau Mukormikosis

Kompas.com - 05/06/2021, 17:03 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com- Hingga 1 Juni, jumlah kasus infeksi jamur hitam atau mukormikosis di India mencapai 11.000 kasus. Kendati penyakit ini juga sudah ada di Indonesia, ahli ingatkan agar masyarakat memahami cara mencegah infeksi mukormikosis.

Ketua Pokja Bidang Mikosis Paru Pusat Mikosis Paru FKUI/RS Persahabatan, Dr dr Anna Rozaliyani MBiomed, SpP(K) mengatakan, infeksi jamur hitam tidak hanya ditemukan di India, tetapi juga bisa ditemukan di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Meskipun kasus kejadiannya tengah meningkat ditemukan di India, tetapi Anna menegaskan bahwa penyakit yang satu ini termasuk dalam kategori langka.

"Mukormikosis termasuk penyakit langka, tetapi berbahaya karena potensi kematianya sangat tinggi," kata Anna dalam Konferensi Pers bertajuk Black Fungi pada Pasien Covid-19: Apa yang Perlu Kita Waspadai? pada Kamis (3/6/2021).

Untuk di negara Indonesia sendiri, infeksi mukormikosis ini juga sudah ditemukan sebelum adanya pandemi Covid-19, dan diduga masih terjadi hingga saat ini meskipun belum ada data epidemiologinya.

Baca juga: Gejala dan Bahaya Infeksi Jamur Hitam Mukormikosis pada Pasien Covid-19

 

"Beberapa kasus mukormikosis di Indonesia telah dilaporkan sebelum pandemi Covid-19. Meskipun jumlahnya tidak banyak, tetapi angka kematian dan kesakitannya tinggi," ujarnya.

Dengan begitu, masyarakat diminta perlu mengetahui bagaimana cara mencegah infeksi jamur hitam, penyakit langka yang berbahaya ini.

Cara mencegah infeksi Mukormikosis

Anna membagikan berbagai cara yang bisa kita lakukan untuk mencegah dari infeksi mukormikosis ini, baik pada khusus pasien Covid-19 maupun non-pasien Covid-19.

1. Pencegahan khusus pada pasien Covid-19

Hal pertama yang harus dilakukan, dari sisi tenaga medis adalah peningkatan kewaspadaan klinis atau ketelitian dokter sebagai langkah awal diagnosis.

Cara mencegah infeksi jamur hitam yang kedua yakni dengan membatasi dan melakukan seleksi penggunaan obat yang berpotensi menurunkan imunitas, termasuk kortikosteroid, anti-interleukin (misalnya tocilizumab) dan lain sebagainya.

Baca juga: Jamur Hitam di India Sebabkan Pasien Covid-19 Cacat, Bola Mata Diangkat

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com