Kompas.com - 23/06/2021, 17:05 WIB
Ilustrasi virus corona SHUTTERSTOCK/ker_viiIlustrasi virus corona

KOMPAS.com - Seperti yang telah kita ketahui, Covid-19 adalah penyakit pernapasan, yang secara khusus akan mencapai saluran pernapasan, termasuk paru-paru.

Sebab itu, Covid-19 dapat menyebabkan berbagai masalah pernapasan, dari ringan hingga kritis. Orang dewasa yang lebih tua dan orang yang memiliki kondisi kesehatan lain seperti penyakit jantung, kanker, dan diabetes berisiko memiliki gejala yang lebih serius.

Virus corona dan Paru-paru

SARS-CoV-2, virus yang menyebabkan Covid-19, adalah bagian dari keluarga coronavirus atau virus corona.

Ketika virus corona masuk ke dalam tubuh, virus itu akan bersentuhan dengan selaput lendir yang melapisi hidung, mulut, dan mata.

Baca juga: Meski Jarang Terjadi, Sindrom Peradangan Bisa Menyerang Orang Dewasa Pasca Covid-19

Virus corona kemudian memasuki sel yang sehat dan menggunakan sel untuk membuat bagian virus baru. Inilah yang membuat virus berkembang biak, lalu virus baru menginfeksi sel-sel di dekatnya.

Bayangkan saluran pernapasan sebagai pohon terbalik. Batangnya adalah trakea, atau batang tenggorokan. Ini terbagi menjadi cabang yang lebih kecil di paru-paru Anda.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di ujung setiap cabang terdapat kantung udara kecil yang disebut alveolus. Di sinilah oksigen masuk ke dalam darah dan karbon dioksida keluar.

Virus corona baru dapat menginfeksi bagian atas atau bagian bawah saluran pernapasan. Lalu berjalan di saluran pernapasan. Sehingga, lapisan yang ada di saluran pernapasan bisa teriritasi dan meradang. Dalam beberapa kasus, infeksi dapat mencapai sampai ke alveoli.

Para ilmuwan meyakini, efek Covid-19 pada tubuh Anda mirip dengan dua penyakit coronavirus lainnya, sindrom pernapasan akut parah (SARS) dan sindrom pernapasan Timur Tengah (MERS).

Covid-19 Gejala Ringan dan Sedang

Saat infeksi menyebar ke saluran pernapasa, sistem kekebalan tubuh akan melawan. Paru-paru dan saluran pernapasan membengkak dan meradang. Ini bisa dimulai di satu bagian paru-paru dan menyebar luas.

Sekitar 80% orang yang terinfeksi Covid-19 mengalami gejala ringan hingga sedang. Pada pasien gejala ringan hingga sedang, mungkin mengalami batuk kering dan sakit tenggorokan. Selain itu, beberapa orang menderita pneumonia, infeksi paru-paru di mana alveoli meradang.

Dokter dapat melihat tanda-tanda peradangan pernapasan pada rontgen dada atau CT scan. Pada CT dada, mereka mungkin melihat penampakan paru-paru seperti berkabut.

Baca juga: Curiga Terpapar Virus Corona, Kapan Waktu yang Tepat Melakukan Tes Covid-19?

Halaman:


Sumber WebMD
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X