Kompas.com - 21/06/2021, 17:15 WIB

KOMPAS.com - Orang yang terinfeksi Covid-19 tak selalu tampak bergejala. Sehingga dirinya sendiri maupun orang lain di sekitarnya tak akan menyadari.

Dalam kondisi ini, penularan sangat rentan terjadi. Sebab, karena ia merasa sehat, maka berbicara dengan anggota keluarga di rumah tanpa masker atau bahkan bertemu dengan teman untuk makan siang bersama di resto.

Seringkali, orang yang terinfeksi baru memberi kabar setelah melakukan tes dan hasilnya positif Covid-19.

Baca juga: Benarkah Varian Baru Virus Corona Tak Terdeteksi Tes Antigen? Begini Penjelasan Ahli

Jika sebelumnya Anda termasuk orang yang sempat melakukan kontak erat dengannya, tentu Anda juga harus melakukan tes.

Rekomendasi terbaru Centers for Disease Control and Prevention (CDC) adalah, tes Covid-19 penting dilakukan jika seseorang melakukan kontak dekat (dalam jarak 2 meter selama total 15 menit atau lebih selama periode 24 jam) dengan seseorang yang terkonfirmasi terinfeksi SARS-CoV-2, meski tidak ada gejala.

Selain itu, berikut lima rekomendasi lain dari CDC, terkait siapa saja yang harus melakukan tes Covid-19.

1. Orang yang memiliki gejala Covid-19.

2. Orang yang divaksinasi lengkap tanpa gejala Covid-19, tidak perlu diuji setelah terpapar seseorang dengan Covid-19.

3. Orang yang telah dites positif Covid-19 dalam 3 bulan terakhir dan pulih, tidak perlu dites setelah terpapar, selama mereka tidak mengembangkan gejala baru.

4. Orang-orang yang telah mengambil bagian dalam kegiatan yang menempatkan mereka pada risiko tinggi penularan Covid-19, karena tidak dapat menjaga jarak fisik yang diperlukan untuk menghindari paparan virus corona, seperti menghadiri pertemuan massal yang besar. Bepergian, atau berada di dalam ruangan yang ramai dan berventilasi buruk.

5. Orang yang telah diminta atau dirujuk untuk dites oleh penyedia layanan kesehatan, atau negara bagian, suku, ikon eksternal lokal, atau departemen kesehatan teritorial mereka.

CDC merekomendasikan agar siapa pun yang memiliki tanda atau gejala Covid-19 untuk dites, terlepas dari status vaksinasi atau infeksi sebelumnya.

Baca juga: Tes Virus Corona di Daerah Masih Rendah, Ini Saran Ahli Kendalikan Kasus Covid-19

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.