Kompas.com - 23/06/2021, 11:05 WIB
Makanan yang harus dikonsumsi sebelum vaksin Covid-19 freepikMakanan yang harus dikonsumsi sebelum vaksin Covid-19

KOMPAS.com - Distribusi vaksin Covid-19 mulai banyak di seluruh daerah di Indonesia. Anda sudah mulai bisa mendaftarkan diri Anda untuk mendapatkan vaksin di kota Anda.

Untuk memastikan tubuh memberi respon yang optimal membentuk antibodi terhadap materi genetik virus SARS-CoV-2, Anda harus mempersiapkan tubuh Anda dengan baik.

Untuk mengurangi efek samping yang mungkin timbul, Anda harus fokus untuk mengonsumsi makanan yang bergizi tinggi dan memiliki efek antiinflamasi.

Selain itu, Anda juga harus makan dan minum yang cukup sebelum berangkat ke lokasi vaksin untuk mengcegah pusing atau pingsan akibat gugup sebelum disuntik.

Baca juga: Ini Kata Ahli tentang Minum Obat untuk Cegah Efek Samping Vaksin

Berikut adalah daftar makanan yang sebaiknya Anda konsumsi sebelum berangkat vaksin.

Sayuran hijau

Sayuran hijau banyak mengandung nutrien seperti mineral dan senyawa fenol yang baik untuk sistem imun. Anda bisa meningkatkan konsumsi sayuran hijau sejak beberapa hari sebelum vaksin.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Beberapa sayuran hijau yang bisa Anda konsumsi antara lain bayam, brokoli, kangkung, selada dan sayuran hijau lainnya. Anda bisa memakannya dengan dimasak ataupun dimakan mentah sebagai salad.

Kunyit

Kunyit mengandung curcumin yang merupakan senyawa aktif dan terbukti memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Senyawa ini berfungsi untuk meningkatkan imunitas serta sebagai antistres.

Anda bisa mengonsumsinya sebagai jamu atau dalam campuran makanan yang mengandung banyak kunyit seperti kari dan gulai.

Baca juga: 5 Cara Ampuh Mencegah Efek Samping Setelah Vaksin Covid-19

Jahe

Jahe bisa membantu tubuh untuk mengurangi berbagai penyakit di dalam tubuh, seperti hipertensi, penyakit jantung, dan infeksi paru. Jahe juga bisa mengurangi stress yang timbul karena khawatir sebelum vaksin.

Jahe bisa dikonsumsi dalam berbagai bentuk. Jahe bisa dibuat menjadi jamu dengan merebusnya dengan segelas air, mencampurnya ke dalam masakan, bahkan memakannya dalam bentuk acar akan tetap memberikan manfaat yang dikandung jahe.

Buah-buahan

Buah-buahan mengandung banyak mineral, vitaminm dan antioksidan yang baik untuk meningkatkan imun tubuh Anda. Pilihlah buah yang mengandung banyak air seperti nanak, mangga, semangka, dan jeruk.

Baca juga: Efek Samping Vaksin Covid-19 dan Cara Mengatasinya

Bawang putih

Bawang putih adalah makanan yang luar biasa untuk meningkatkan imun tubuh dan menurunkan kolesterol. Selain itu, bahan ini juga bisa menjaga kesehatan saluran pencernaan karena mengandung probiotik.

Itu dia daftar makanan yang harus dikonsumsi sebelum vaksin. Semoga sehat selalu dan tetap jaga protokol kesehatan, ya.

Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X